search-button

7 Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik dan Bagus Untuk Pemula

   
Anakmusik – Bagi gitaris tentunya sangat penting dalam memilih jenis gitar yang akan digunakan, terutama pemula. Saya mempunyai beberapa tips memilih gitar akustik yang baik dan bagus untuk pemula sebagai sarana saran dan informasi dalam memilih gitar akustik. Tentunya, tips tersebut akan membantu para gitaris pemula dalam memilih jenis gitar akustik yang terbaik yang akan dimainkannya. Gitar akustik yang digunakan oleh pemula harus memiliki kualitas yang baik, dari segi suara maupun bahan yang digunakkannya. Memilih gitar akustik yang baik dan bagus bisa dibilang susah – susah gampang seperti halnya memilih buah – buahan di pasar, memiliki bentuk yang sama namun berbeda rasanya. Maka dari itu,  Tips memilih gitar akustik yang baik dan bagus ini sangatlah berguna.
Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik dan Bagus Untuk Pemula

7 Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik dan Bagus Untuk Pemula

  1. Pilihlah bahan gitar dari jenis kayu yang berkualitas seperti : Kayu Basswood, Alder, Korina, Mahogani, Maple, Poplar, Rosewood, Walnut, dan Kayu Ebony. Jenis kayu tersebut akan berpengaruh dalam menghasilkan suara yang baik, bagus, dan berkualitas.
  2. Dengan memilih bentuk body yang lebar dan terbuat dari kayu yang tebal akan menghasilkan suara dan nada yang bagus, juga berkualitas.
  3. Lihatlah leher gitarnya, dan pilihlah leher gitar yang lurus serta tak gampang bengkok. Untuk itu, leher gitar yang sesuai dengan genggaman tangan akan memberikan kenyamanan pada saat kamu memainkannya.
  4. Memilih tuner gitar sangatlah penting. Pilihlah tuner gitar yang bermerk, karena tuning gitar yang bermerk akan lebih bagus dibandingkan dengan tuning gitar yang tidak bermerk sama sekali.
  5. Carilah lubang gitar yang tidak terlalu lebar, sebab lebarnya lubang dapat memecahkan suara menjadi padat dan kurang merdu.
  6. Jangan memilih Frets yang terlalu menonjol dengan dataran papan tekan. Frets harus dalam keadaan rapi dan lurus, sebab jika keadaan frets tidak rapi, frets bisa mematikan suara yang akan keluar dari gitar akustik yang kamu mainkan.
  7. Tips terakhir dalam memilih gitar akustik yaitu pemilihan senar. Jenis senar yang digunakan untuk gitar akustik ada 2 (dua) yaitu, jenis senar gitar steel dan jenis senar gitar nylon.

Tips di atas ini kelihatannya sangat sepele namun sangat berpengaruh bagi kamu yang akan memulai untuk belajar gitar, terutama pemula. Dengan adanya tips ini, kamu bisa mendapatkan gitar akustik yang baik dan bagus sesuai dengan kriteria pada umumnya. Semoga dengan adanya artikel  “7 Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik dan Bagus Untuk Pemula” dapat memberikan maanfaat yang positif dan mengurangi rasa bingung kamu pada saat memilih sebuah gitar akustik.

Baca juga: