search-button

4 Spul atau Pickup Gitar Terbaik Untuk Genre Blues, Jazz, Metal Dan Rock

   
Anakmusik – Suara gitar sangat berpengaruh dari adanya kualitas spul atau pickup terbaik, untuk genre blues, jazz, metal dan rock. Spul atau pickup dipasang pada bagian tengah badan gitar dan dipasang juga pada bagian bridge, maupun leher gitar (pada gitar jazz elektro dan akustik). Spul atau Pickup adalah perangkat penting dalam suatu gitar elektrik, yang berfungsi sebagai transduser yang berguna untuk menangkap getaran mekanik dari dawai dan diubah menjadi sinyal elektrik, yang kemudian diteruskan ke penguat suara. Untuk seorang gitaris tentunya sudah tahu dan mengenali apa yang disebut dengan Spul atau Pickup begitu pula bentuknya.
Spul atau Pickup Gitar Terbaik Untuk Genre Blues, Jazz, Metal Dan Rock
Spul atau Pickup yang digunakan pada gitar untuk genre blues berbeda dengan gitar untuk genre jazz, metal maupun rock. Cara kerja spul atau pickup bisa digambarkan  menggunakan konsep sirkuit magnetik, dimana getaran yang dihasilkan oleh senar akan mempengaruhi reluktans magnetik dalam sirkuit dan dihasilkan oleh magnet yang tidak bisa di ubah (permanen).

4 Spul atau Pickup Gitar Terbaik Untuk Genre Blues, Jazz, Metal Dan Rock

  1. Spul atau Pickup terbaik yang digunakan untuk Genre Blues diantaranya yaitu DiMarzio DP409 Virtual Vintage Heavy Blues 2 Strat Pickup, Seymour Duncan Antiquity Humbucker Pickup Bridge Position, Lace Sensor Emerald-Purple Dually Humbucker Electric Guitar Pickup,  Fender Fat ’50s Stratocaster Custom Shop Pickups, dan Seymour Duncan Antiquity II Mini-Humbucker Seymour Duncan Antiquity II Mini-Humbucker. Menggunakan spul atau pickup  terbaik akan memiliki dampak yang lebih besar pada nada yang dihasilkannya, sesuai dengan nada genre blues tersebut.
  2. Spul atau Pickup terbaik untuk Genre jazz yaitu : Shadow SH AZ 48 Top-Professional Jazz Guitar Humbucker Pickup, Bartolini 5J Jazz Guitar Pickup, Fishman Archtop Transducer Guitar Pickup, Seymour Duncan SH2 Jazz Humbucker Guitar Pickup, dan Kent Armstrong Jazzy Joe – Side Mount Jazz Pickup. Jenis Spul atau Pickup ini dirancang sesuai kriteria dalam pikiran, spul atau pickup ini memiliki tingkat aspek tertentu dalam kehalusan dan kejelasan, sehingga lebih sesuai pada Genre Jazz.
  3. Spul atau Pickup terbaik untuk Genre Metal: Spul atau Pickup yang dirancang khusus untuk musik metal harus di optimalkan mempunyai gain yang tinggi. Jenis spul atau pickup tersebut diantaranya : Seymour Duncan AHB-3 Mick Thomson EMTY – Signature Blackouts, Lace Drop and Gain Humbucker Pickup, EMG ALX Alexi Laiho HZ Humbucker/ABQ SET, DiMarzio D Activator Humbucker, dan DiMarzio Tone Zone Pickup. Jenis spul atau pickup tersebut sering digunakan oleh Gitaris Metal yang memiliki passion untuk musik cadas dan jenis musik metal lainnya.
  4. Spul atau Pickup terbaik untuk Genre Rock yaitu jenis spul atau pickup yang dirancang untuk menghasikan nada agresif. Berikut adalah jenis spul atau pickup yang digunakan untuk gitar bergenre rock : Gibson Burstbucker Pro Humbucker, Seymour Duncan JB SH-4 Guitar Pickup, Seymour Duncan SH-PG1 Pearly Gates Pickup, DiMarzio John Petrucci Pickup Set, dan EMG EMG-ZW Zakk Wylde 81/85 Humbucker Set. Suara hebat yang dihasilkannya mampu menghangatkan dan menyeimbangkan suara output bernada tinggi.
Kesimpulanya: Spul atau pickup sangat berperan penting dalam suatu gitar elektrik maupun akustik. Dari setiap genre musik blues, jazz, metal, rock dan genre lainnya, harus menggunakan jenis pickup atau spul gitar terbaik pada umumnya, sehingga suara yang akan dikeluarkan oleh gitar tersebut mempunyai kualitas yang baik bersuara indah, seperti suara gitar yang semestinya.

Baca juga: