search-button

5 Cara Belajar Metronome Drum, Piano dan Gitar Bagi Pemula

   
Anakmusik – Menguasai metronome atau tempo adalah kewajiban bagi semua orang yang memainkan alat musik. Cara belajar metronome bagi pemula bisa dilakukan pada alat musik drum, gitar, dan alat musik lainnya. Saat kamu mengiringi sebuah lagu bersama teman (lawan duet,) kamu dapat mengatur posisi pindahnya satu nada ke nada lainnya, sehingga alat musik yang kamu mainkan akan seirama dengan suara alat musik yang teman kamu mainkan. Cara Belajar Metronome Drum, Piano dan Gitar Bagi Pemula tentu saja sangat mudah, terdapat aplikasi atau software metronome yang bisa digunakan dalam PC/Laptop maupun Smartphone. Namun, untuk menguasai metronome atau tempo pada sebuah lagu tidaklah mudah, kamu harus belajar, bersabar, dan terus melatih kecepatan kamu dalam memainkan lagu menggunakan tempo (metronome).
5 Cara Belajar Metronome Drum, Piano dan Gitar Bagi Pemula

5 Cara Belajar Metronome Drum, Piano dan Gitar Bagi Pemula

  1. Persiapkan alat musik.
  2. Gunakan Aplikasi atau Software Metronome.
  3. Mainkan metronome dengan tempo berkecepatan rendah.
  4. Mainkan alat musik kamu dengan kecepatan metronome.
  5. Lakukan menggunakan kunci dasar terlebih dahulu. Jika kecepatan rendah telah kamu kuasai, kamu dapat melakukan ke tahap selanjutnya, tempo sedang, dan cepat, namun secara teratur mengikuti ketukan metronome.

Metronome adalah sarana terpenting bagi pemain alat musik pemula, karena dengan mengetahui metronome atau ketukan tempo, maka permainan musisi pemula akan terlihat rapih dan bisa selalu memainkan alat musik dengan tempo yang sangat teratur.  Tempo yang digunakan dalam sebuah metronome biasanya dengan ketukan 4/4 (tak, tak, tak, ting). Untuk menguasai pembelajaran “5 Cara Belajar Metronome Drum, Piano dan Gitar Bagi Pemula”, diperlukan latihan dan konsentrasi penuh, sehingga kamu (pemula), akan mudah mencerna dan dapat menguasai teknik metronome dengan mudah, baik dan lancar.

Baca juga: