search-button

4 Tips Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Adobe Audition (Bagi Pemula)

   
Anakmusik – Saya akan memberi pengetahuan dan informasi sebagai sarana pembelajaran tentang bagaimana cara Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Baik dan benar, yang akan berguna sekali bagi kalian (editing musik pemula). Mengedit dan memperbagus suara vokal tentunya diperlukan keahlian dan kepekaan suara yang sangat teliti, sehingga kualitas suara vokal yang telah di edit akan menghasilkan suara yang baik, layaknya vokalis profesional. Terdapat beberapa software editing musik yang berguna untuk mengolah atau mengedit vokal, seperti Audacity, Cool Edit Pro, Cubase, Nuendo, Audacity, MP3Gain, Acoustica Basic Edition, WaveShop, dan yang lainnya. Dan langkah untuk mengedit suara vokal pada umunya dengan cara masuk ke Noise removing, Pitch Corrector, Reverb, Mastering, Vocal Enhancer, dan Auto Tune. Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan meringkas beberapa pengetahuan tentang Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Baik dan Benar, di bawah ini.
4 Tips Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Adobe Audition (Bagi Pemula)

4 Tips Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Adobe Audition (Bagi Pemula)

  1. MASTERING. Masukan suara vokal ke dalam papan editor Adobe Audition. Langkah – langkah untuk mastering lewat Adobe Audition yaitu: Effect – Amplitude – Amplify (Ctrl A + A) Untuk mengatur rendah tingginya suara. Setelah suara terdengar rata, selanjutnya menuju ke Effects – Special – Mastering – Make Room For Vocals.
  2. NOISE REDUCTION. Langkah selanjutnya masuk ke Effects – noise Reduction/Restortion – Capture Noise Print.
  3. VOCAL ENHANCER. Masuk ke Effects – Special – Vocal Enhancer, lalu pilih preset Male atau Female.
  4. REVERB. Masuk ke Effects – Reverb – Reverb, lalu atur Output Level. DRY : 140% WET: 20 - 40%. Untuk POP, ROCK, METAL DRY: 80% WET : 10 - 20%.

Silahkan kamu coba dan praktekan ke dalam suara vokal yang akan kamu edit. Ke 4 Tips Belajar Mengedit Suara Vokal Dengan Adobe Audition ini sudah saya lakukan, dan hasilnya sangat baik. Semoga ini berguna bagi editing musik pemula, dan jika dalam tahap di atas terdapat sesuatu atau menghasilkan kualitas suara yang sebaliknya (jelek), kamu dapat mencoba mengatur setiap volume sesukamu sendiri. Dan saran yang terpenting adalah mencoba mengedit suara dengan ukuran volume secara berbeda – beda, sehingga suatu saat nanti kamu akan tahu dan mengenali bagaimana Mengedit Suara Vokal dengan cara baik dan benar melalui sebuah software editing musik Adobe Audition.

Baca juga: