search-button

Teknik Slap Bass Bagi Pemula

   
Belajar Gitar Bass Menggunakan Teknik Slap, khususnya Bagi Pemula – Bisa Bermain gitar menggunakan teknik Slap merupakan dambaan semua orang, terutama pemula. Namun, apa pemain bass pemula melakukan teknik slap bass dengan benar? Dalam melakukan teknik slap, pemain bass harus benar – benar memperhatikan jari dan senar mana yang harus ditarik atau dipetik, sehingga gitar akan mengeluarkan suara yang jernih, bersih dan tentunya enak di dengar. Kamu bisa menguasai teknik ini walaupun belajar bass secara otodidak, yang penting terus belajar dan berlatih setiap hari. Tentunya akan sangat senang jika saya bisa membantu kamu dalam belajar gitar bass menggunakan teknik slap dengan baik dan benar.

Untuk mulai memainkan teknik slap pada gitar bass, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kunci gitar bass secara komplit, sehingga permainan slap kamu akan terbantu dengan nada – nada dari kunci gitar tersebut, dan memudahkan kamu untuk belajar bass ke tahap selanjutnya. Teknik bass bisa dilakukan untuk mengisi musik bergenre rock, pop, jazz, metal, dangdut dan jenis genre musik lainnya, tentunya tergantung kemampuan kamu dalam memainkan teknik ini. Di bawah ini saya akan memberi sedikit informasi, dalam pembelajaran gitar bass menggunakan teknik slap. Semoga bermanfaat dan memberi referensi bagi kamu, terutama pemain bass pemula. Silahkan simak tips berikut ini.

Cara Mudah Belajar Gitar Bass Pemula Menggunakan Teknik Slap

  1. Posisi yang baik dalam memainkan slap bass adalah jari dan senar sejajar, dan pastikan posisi gitar berada di bawah dada. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa dalam membetot senar gitar bass. Posisikan juga setiap jari mewakili masing – masing senar, dari senar nomor 1 sampai senar nomer 4.
  2. Teknik slap biasanya menggunakan nada octave. Sebagai contoh, kamu menggunakan kunci nada G, maka kamu akan memetik nada G terendah ataupun tertinggi juga. Kunci nada G berada di freet ke 3 pada senar atas (nomor 1 paling besar), sedangkan octave nada tinggi nya berada pada senar nomor 2 fret ke 5.
  3. Posisi jempol harus lurus dengan senar bass besar paling atas, kunci E.
  4. Langkah selanjutnya kamu belajar memetik dengan memukul senar atas menggunakan ibu jari, dan berhenti saat kamu membetot senar atau nada bawahnya. Lakukan secara terus menerus, sampai kamu merasa terbiasa. Ingat, memukul dan membetot !
  5. Untuk menghasilkan suara betotan yang lebih kencang, sebaiknya gunakan jari tengah atau jari manis, pada bagian tangan kanan kamu.
Teknik Slap Bass Bagi Pemula
Lakukan latihan di atas menggunakan satu kunci nada dasar dahulu, selanjutnya kamu bisa menggunakan kunci nada yang lainnya. Jika dalam teknik slap bass ini sudah lumayan kamu kuasai, selanjutnya kamu bisa membuat instrument – instrument nada sendiri. Dan perlu kamu ketahui, teknik slap juga terbagi beberapa bagian seperti, Doble tump, Slap Tabla, Style Technique, Fingger Slap dan yang lainnya.

Baca juga: