search-button

Teknik Bermain Gitar Bass Bagi Pemula

   
Teknik Bermain Gitar Bass Bagi Pemula  – Untuk menguasai permainan gitar bass, tentunya kita harus mengetahui juga teknik dan cara bermain gitar bass yang baik dan benar pada umumnya. Bagi pemula yang belajar gitar bass secara otodidak, tentunya memerlukan pengetahuan dan informasi yang sebaik – baiknya. Sehingga akan mendapat pembelajaran yang sangat baik saat memainkan alat musik gitar bass. Untuk menguasai permainan gitar bass, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kunci gitar bass, posisi yang baik dalam bermain gitar bass, dan bagaimana cara yang baik dalam memainkan gitar bass. Bagi pemula yang ingin belajar gitar bass dengan baik dan benar, bisa mengikuti pembelajaran di bawah ini.

Nama – nama Teknik Dalam Bermain Gitar Bass Bagi Pemula

  1. Teknik Hammer – On adalah cara memetik senar gitar dengan menekan satu nada menggunakan jari tangan kiri, dan jari kiri lainnya menekan senar dengan nada yang lebih tinggi. Seperti contoh: jari telunjuk memetik nada A senar E (kolom 5), setelah berbunyi, lalu tekan nada B pada senar yang sama (kolom 7) tanpa memetik lagi. Dalam Tabulature Gitar Bass, teknik ini ditulis dengan simbol garis lengkung “H”.
  2. Teknik Pull-Off adalah teknik menekan senar pada 2 nada di kolom berbeda (Kolom 7 dan 5 pada senar yang sama) lalu jari menekan nada yang lebih tinggi pada (kolom 7). Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik Hammer – On yang di simbolkan dengan garis lengkung “P”.
  3. Teknik Slide dan Back – Slide merupakan teknik yang lebih mudah dibandingkan dengan Hammer – On dan Pull – Off. Kita hanya perlu menggeser satu jari untuk mencapai nada yang lebih tinggi. dan Back – Slide adalah kebalikan dari teknik Slide, dimana jari kita menggeser ke nada yang lebih rendah.
  4. Teknik Trill merupakan gabungan dari Hammer – On dan Pull – Off, dimana kamu memainkan Hammer – On terlebih dahulu. Kunci dari teknik ini adalah adanya kecepatan dari jari kiri kita.
Teknik Bermain Gitar Bass Bagi Pemula
Itulah beberapa teknik yang bisa kamu pelajari dalam bermain gitar bass. Dalam bermain bass bisa dilakukan dengan cara berdiri ataupun duduk, namun perhatikan juga posisi gitar bass dengan lengan atau tubuh, sehingga kamu akan merasa nyaman dan mudah untuk bermain gitar bass dengan baik.

Baca juga: