search-button

Sejarah Dan Pengertian Harpa

   
Sejarah Dan Pengertian Alat Musik Harpa – Harpa dalam bahasa Inggris disebut dengan (Harp) merupakan jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi apabila bagian senar di petik, sama seperti gitar dan alat musik tradisional sunda “Kecapi”. Harpa biasanya di simbolkan bersama para dewa atau malaikat bersayap, mempunyai ukuran kira – kira 0,5 sampai 1 meter. Pada umumnya harpa berbentuk dasar segitiga, mempunyai senar dan berwarna kuning emas. Harpa bisa digunakan dan dikolaborasikan dengan instrument dan orkestras simfoni, bahkan bisa juga digabungkan dengan suara lainnya, seperti suara harmonika, piano, biola, saxophone, dan jenis alat musik lainnya. Alat Musik Harpa bisa dimainkan dengan baik secara solo, menggunakan kaki maupun tangan.

Sejarah Dan Pengertian Harpa

Sejarah Dan Pengertian Harpa
Harpa memiliki tiga bagian utama yang mempunyai jenis, ukuran, berat, dan bentuk yang sangat bervariasi. Diantaranya: Senar (String), Papan suara (Sound board), dan Leher (Neck). Alat musik harpa adalah jenis intrument yang konon tertua dan telah digunakan pada zaman dahulu “Mesir Kuno’. Harpa eletrik atau harpa modern merupakan jenis instrument terbaru dan sudah banyak digunakan dikalangan pemusik masa kini. Sebuah harpa modern pada umumnya berbentuk triangular, memilki 22 sampai 47 batang senar dan mempunyai ukuran dua kaki (60 cm) sampai enam kaki (180 cm). Harpa yang berukuran kecil bisa dimainkan dengan menggunakan selendang, seperti hal nya gitar, sedangkan harpa yang berukuran cukup besar bisa dimanikan dengan meletakkannya di lantai.

Bagaimana pendapatmu tentang alat musik ini? Sangat mengagumkan bukan?  Sejarah Dan Pengertian Alat Musik Harpa merupakan informasi yang bisa memberikan sebuah pengetahuan secara details tentang Harpa. Dari dahulu sampai sekarang peradaban harpa semakin berkembang pesat, begitu juga dengan design atau bentuknya, berwarna dan bervariatif. Untuk membeli harpa juga sangat mudah, banyak tempat atau toko yang menyediakan jenis alat musik instrument ini. Jadi, akan memudahkan kamu, jika suatu saat nanti ingin memiliki dan memainkan alat musik harpa ini. Bisa bermain harpa tentunya sangat menyenangkan. Selain alat musik ini mempunyai keunikan nilai seni yang sangat tinggi, harpa juga mempunyai ciri khas tersendiri bagi pemainnya.

Baca juga: