search-button

Cara Mudah Belajar Melodi Gitar Untuk Para Pemula

   
Cara Mudah Belajar Melodi Gitar Untuk Pemula –  Bagi pemula tentunya ingin mendapatkan pembelajaran gitar melodi secara mudah dan cepat, khususnya pemula yang belajar melodi gitar secara otodidak. Dalam pembelajaran alat musik, diperlukan waktu yang cukup lama, tahap demi tahap, dan langkah demi langkah. Apalagi belajar melodi gitar, untuk menguasai teknik ini diperlukan juga konsentrasi dan kesabaran sebaik – baiknya. Agar tidak kaku dalam melakukan melodi gitar, sebaiknya sering melatih kecepatan jari kamu dengan cara fingering atau senam jari. Senam jari adalah cara untuk melenturkan jari – jemari supaya lentur dan tidak kaku saat bermain gitar.
Belajar Melodi Gitar Untuk Pemula
Untuk menjadi seorang gitaris yang handal, tentunya sangat mudah, kamu hanya perlu berlatih setiap hari dan yakin bahwa kamu pasti bisa melakukannya. Kamu bisa memulai pembelajaran awal dari mulai mengenal bagian yang terdapat pada gitar, kunci dasar gitar, cara memetik gitar, dan barulah memulai ke tahap selanjutnya, yaitu menjadi gitaris terhandal dan terhebat di dunia. Untuk itu, saya akan memberikan sedikit tips yang bisa berguna bagi kamu, yaitu Tips Cara Mudah Belajar Melodi Gitar Untuk Para Pemula.

5 Tips Cara Mudah Belajar Melodi Gitar Untuk Para Pemula

  1. Fingering / Senam Jari. Seperti yang saya uraikan di atas, bahwa senam jari adalah sarana untuk melenturkan bagian jari lengan kita. Cara Fingering / Senam Jari bisa dilihat disini.
  2. Melatih Power Kecepatan Jari. Setelah kamu mengetahui jalur Fingering / Senam Jari, Alangkah baiknya berlatih dengan tempo rendah, sedang dan cepat.
  3. Melatih Kecepatan Kedua Tangan. Perhatikan juga kedua tangan kamu, pastikan tangan kiri menekan senar, lalu tangan kanan memetik gitar menggunakan pick.
  4. Mencatat Perkembangan. Gunakan timer sebagai pencatat durasi kamu saat bermain melodi.
  5. Memperhatikan Kualitas suara. Perhatikan juga kualitas suara yang dihasilkan, masih berantakan apa sudah terdengar jernih.

Itulah beberapa tips untuk menjadikan kamu seorang pemain melodi gitar yang handal. Lakukan pembelajaran secara bertahap dan teratur. Untuk memulai belajar melodi gitar, sebaiknya gunakan dahulu nada – nada dasar, dan langkah selanjutnya kamu bisa mencoba membuat improvisasi – improvisasi yang lebih keren lagi.

Baca juga: