search-button

10 Cara Merawat Senar Gitar Akustik, Elektrik dan Bass

   
Bagi pemain gitar, tentunya harus mempelajari bagaimana cara merawat senar gitar supaya tetap bersih dan tidak berkarat, sehingga kualitas senar akan tetap kesat, bersuara baik, dan tidak gampang putus. Terutama untuk gitar akustik. Gitar akustik sangat membutuhkan kualitas senar yang baik, karena permainan akustik harus terdengar gurih, saat gitar dimainkan. Setiap senar yang terdapat pada gitar Akustik, Elektrik, maupun Bass, harus benar – benar terawat dengan baik, begitu juga dengan merk nya. Kamu harus memilih jenis senar yang mempunyai merk dan berkualitas terbaik.
Cara Merawat Senar Gitar Akustik, Elektrik dan Bass
Dalam perawatan senar gitar, harus dilakukan dengan sabar dan teratur. Lakukan perawatan dengan waktu yang efektif. Usahakan kamu merawat senar Gitar Akustik, Elektrik, maupun Bass sebelum atau sesudah kamu memainkannya. Simpan juga gitar di tempat yang bersih dan aman, agar posisi senar tidak terganggu, dan tetap menghasilkan suara yang baik seperti biasanya. Untuk menambah wawasan lebih dalam lagi tentang perawatan senar gitar, kamu bisa menyimak 10 Cara Merawat Senar Gitar Akustik, Elektrik dan Bass berikut ini.

10 Cara Merawat Senar Gitar Akustik, Elektrik dan Bass

  1. Sebelum kamu memainkan gitar, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering.
  2. Bersihkan fret gitar sebelum dan sesudah memainkan gitar.
  3. Kendurkan senar gitar sesudah kamu memainkannya.
  4. Bersihkan senar menggunakan minyak oil kayu putih dan tisu.
  5. Simpan gitar menggunakan stand dan pastikan senar gitar tetap kendur.
  6. Lakukan penyeteman senar gitar tidak terlalu tegang.
  7. Hindari penyimpanan gitar dari terik sinar matahari.
  8. Memakai hardcase atau softcase saat kamu membawa gitar ke luar rumah.
  9. Lakukan perawatan tiga hari sekali.
  10. Bersihkan juga bagian pemutar senar, yang berada di ujung fretboard papan gitar.

Itulah beberapa langkah untuk merawat senar supaya tetap bersih, bersuara baik, dan tidak mudah berkarat. Kamu bisa membeli minyak atau oil khusus pembersih senar gitar, di toko peralatan musik terdekat di kota kamu. Sebagai sarana alternatif, kamu juga bisa menggunakan minyak oil kayu putih, sebagai minyak pembersih senar gitar.

Baca juga: