search-button

4 Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri

   
Untuk membuat gitar akustik sendiri sangat diperlukan keahlian yang khusus, dan harus berhati – hati dalam memilih bahan yang akan digunakan untuk membuatnya. Bahan untuk membuat gitar akustik harus memiliki kualitas dan kekuatan yang baik, sehingga gitar akan mengeluarkan kualitas suara yang baik juga. Tentunya akan sangat menyenangkan jika kita bisa membuat gitar akustik oleh tangan kita sendiri. Namun, untuk mendapatkan gitar akustik berkualitas baik seperti gitar yang berada di toko, kamu harus berhati – hati dalam proses pembuatan gitar tersebut. Sedikit saja kamu mengalami kesalahan dalam tahap pembuatan, maka akan berakibat tidak baik bagi gitar akustik yang kamu buat. Lalu, bagaimana Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri?
Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri
Untuk Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri tentunya harus menggunakan bahan – bahan yang berkualitas, agar gitar bisa digunakan tahan lama, begitu juga dengan kualitas suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik buatan tangan kita sendiri tentunya harus menghasilkan bunyi yang sama dan baik seperti suara gitar pada umumnya. Jadi, kamu harus belajar berkreasi, bersabar, dan berhati – hati dalam pengerjaan membuat gitar akustik. Kamu bisa membuat gitar akustik secara mudah dengan mengikuti Tips Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri di bawah ini.

4 Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri

  1. Pilihlah jenis kayu rosewood, cemara, maple, cedar, mahoni, dan kenari. Jenis kayu tersebut merupakan jenis kayu yang baik, tahan lama dan selalu digunakan bahan untuk membuat gitar. Walaupun memang masih banyak jenis kayu lainnya, namun jenis inilah yang terbaik.
  2. Kamu bisa membuat body depan dan belakang gitar dengan model yang berbeda, namun harus berukuran sama saat kedua bagian tersebut di jepit. Perlu kamu ketahui juga, bahwa lubang suara untuk bagian depan sangat berpengaruh bagi bunyi yang akan dihasilkan. Semakin kecil lubang suara, maka akan menghasilka suara bass yang lumayan besar. Begitu juga sebaliknya, semakin besar lubang suara, maka bunyi treble akan lebih jelas.
  3. Untuk membuat lengkungan bagian sisi gitar, sebaiknya gunakan ukuran kayu yang tipis, dan rendam terlebih dahulu menggunakan air mendidih.
  4. Jika pembuatan body gitar akustik sudah selesai, selanjutnya gabungkan bahan tersebut menggunakan lem khusus untuk kayu. Pastikan kamu menggunakan jenis lem yang terbaik, lalu rapatkan secara rata dan rapih.

Jangan dulu memegang gitar, sampai bagian gitar benar – benar rapat oeh perekat lem. Untuk bagian selanjutnya seperti Fretboard, Heel, Bridge, Frets, Headstock, dan yang lainnya, kamu bisa melihat contoh pada gitar yang sudah jadi. Perlu kamu ketahui juga bahwa ini adalah Tips Cara Membuat Gitar Akustik Sendiri, untuk mendapatkan kualitas gitar yang sangat baik tentunya kamu bisa segera belanja ke toko alat musik terdekat di kota kamu. Untuk finishing bisa juga membaca berikut ini 10 Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik.

Baca juga: