search-button

3 Cara Cepat Memainkan Calung Sunda

   
Belajar Memainkan Calung Sunda – Calung merupakan alat musik sunda yang menghasilkan bunyi jika tabung bambu di pukul. Alat musik calung hampir sama bentuknya dengan angklung, namun angklung bisa berbunyi apabila batang di goyangkan. Bagi kamu yang ingin belajar bermain angklung sunda, tentunya terlebih dahulu harus mengetahui tangga nada yang terdapat pada alat musik calung. Tangga nada calung adalah Da – Mi – Na – Ti – La (Pentatonik), dan bahan yang digunakan untuk membuat calung pada umumnya yaitu menggunakan bambu – bambu pilhan, seperti: bambu hitam (awi wulung) atau bambu berwana putih (awi temen).

Alat musik calung pada umumnya digunakan untuk acara seni pertunjukan yang mengiringi instrument alat musik sunda lainnya. Beberapa jenis calung yang terkenal dan banyak digunakan di setiap acara yaitu calung jinjing dan calung rantay. Calung jinjing terdiri atas empat atau lima buah, diantaranya : calung gonggong (2 tabung bambu), calung jongjrong(5 /3 dan 2 tabung bambu), calung kingking (terdiri dari 12 tabung bambu), dan calung panepas (5 /3 dan 2 tabung bambu). Sedangkan calung rantay mempunyai 7 ruas tabung bambu yang dideretkan dengan tali kulit waru atau (lulub). Perkembangan alat musik calung begitu pesat, hingga ada beberapa tambahan dalam calung, seperti alat musik Kacapi, Kosrek, dan Piul (Biola).

3 Tips Cara Cepat Memainkan Calung Sunda

  1. Gunakan tangan kiri untuk menjinjing (memegang), sedangkan tangan kanan untuk memukul setiap tabung bambu calung, menggunakan alat pemukul calung. (Pembelajaran calung jinjing).
  2. Pukul tabung bambu dengan pengenalan dasar lewat tangga nada Da – Mi – Na – Ti – La, secara berulang – ulang secara nada maju dan mundur.
  3. Untuk belajar mengamati nada, kamu bisa bermain calung dengan mengikuti nada suara suling maupun angklung.
Cara Cepat Memainkan Calung Sunda
Seperti itulah tips – tips dasar untuk memainkan alat musik calung sunda. Ajak teman – teman kamu atau bergabung dengan komunitas pemain alat musik sunda lainnya, sehingga kamu akan mendapat wawasan dan pengetahuan yang lebih luas lagi. Dan jangan lupa, teruslah berlatih sampai kamu benar – benar mengetahui nada dari setiap tabung calung dan bisa memainkan calung secara mudah, cepat dan baik.

Baca juga: