search-button

Cara Belajar Gendang (Kendang Sunda)

   
Untuk memainkan Kendang Sunda sangat mudah, kamu hanya memukul bagian kulit (membran) yang berada pada ujung batang kendang, menggunakan telapak tangan. Belajar kendang sunda tentunya sangat menyenangkan, bahkan kamu bisa menggabungkan bunyi gendang ke musik sunda, reog, dangdut koplo, dan genre musik lainnya. Untuk mengetahui Cara Belajar Kendang Sunda terlebih dahulu kamu harus mengetahui juga bahan yang digunakan dalam membuat alat musik tradisional sunda ini. Bahan untuk membuat kendang sunda yang baik yaitu menggunakan kayu yang berasal dari pohon nangka, mangga, waru atau pohon kelapa. Sedangkan kulit yang dibuat untuk kendang sunda biasanya terbuat dari kulit hewan sapi, kerbau, atau  domba (biri-biri).

Gendang Sunda pada umunya berukuran 60 – 70 cm, bagian kiri berdiameter 20 cm, bagian tengah 52 cm, dan untuk bagian kanan berukuran 15 cm.
Cara Belajar Gendang (Kendang Sunda)

Cara Belajar Gendang (Kendang Sunda)

  1. Untuk memainkan atau menabuh kendang kamu dapat menggunakan tangan kanan, dan untuk tangan kiri berguna untuk memukul kendang yang bass dan kecil.
  2. Dalam memukul atau menabuh kendang, kamu juga bisa menggunakan pemukul yang berukuran kecil yang terdapat karet pada bagian ujungnya dan berbentuk kecil bulat.
  3. Untuk gendang Wayang Golek, Jaipongan, dan tepak gendrum biasanya menggunakan pemukul yang terbuat dari fiber.
  4. Dalam keunikan memainkan dan memukul, kaki dan kedua tangan sangat berperan penting dalam memainkan kendang.

Baca juga: