search-button

5 Cara Belajar Cello Secara Otodidak Bagi Pemula

   
Anakmusik – Pembelajaran anak musik selanjutnya adalah bagaimana belajar cello secara otodidak bagi pemula? Sebelum kita membahas cara bermain cello yang baik, kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan cello. Cello adalah singkatan dari kata dalam bahasa Italia Violoncello, yang berarti "Violone Kecil". Alat musik Violone adalah sebuah instrumen kuno, sebuah viol besar yang hampir mirip dengan bass modern. Cello tergabung kedalam keluarga alat musik gesek lainnya, “Biola”. Cello merupakan alat musik gesek yang sangat populer dalam banyak segi: digunakan sebagai instrument tunggal, menjadi fondasi dalam suara orkestra modern, dan bisa juga dikolaborasikan dengan alat musik lainnya. Untuk orang yang suka memainkan cello, disebut dengan cellis.
Nah, itulah sedikit pembahasan tentang alat musik cello. Jika kamu sudah mengerti pembahasan di atas, selanjutnya kita menuju ke tahap pembelajaran utama, yaitu “Cara Belajar Cello Secara Otodidak Bagi Pemula”. Kamu bisa belajar mengetahui bagaiman cara memainkan cello denga baik dan benar, lewat teori yang saya terangkan di bawah ini.

5 Cara Belajar Cello Secara Otodidak Bagi Pemula

  1. Bagian – bagian yang terdapat pada Bow dan Cello.
    Bagian – bagian yang terdapat pada Bow dan Cello
  2. Posisi Badan Yang Baik dalam Memainkan Alat Musik Cello. Untuk menghasilkan suara yang baik tentunya, diperlukan posisi yang baik juga, tenang, nyaman, dan relaks. Posisi badan harus tegak, jangan membungkuk. Kedua kaki terbuka, regangkan dan jepit bagian badan cello. Jarak paha dan betis membentuk sudut 90 (derajat).
    Posisi Badan Yang Baik dalam Memainkan alat Musik Cello
  3. Posisi Tangan Kanan Dalam Memegang Bagian Bow Cello. Posisi Ibu jari menekan bagian belakang pada lekukan Nut atau Frog. Untuk jari tengah, manis, dan jari kelingking sebaiknya berada di bagian depan, dan jari kelingking ikut menahan Frog, sedangkan jari telunjuk menahan bagian Stick.
    Posisi Tangan Kanan Dalam Memegang Bagian Bow Cello
  4. Latihan Fingering Tangan Kiri. Untuk memulai Cara Belajar Cello Secara Otodidak Bagi Pemula, lebih baik lakukan terlebih dahulu fingering atau senam jari. Karena fingering ini berguna sebagai pembelajaran melenturkan jari – jemari saat memainkan cello. Untuk jari telunjuk (1). Jari tengah (2), jari manis (3), dan jari kelingking (4). Seperti gambar berikut ini:
    Latihan Fingering Cello Tangan Kiri
  5. Setelah kamu mengerti pengenalan nomer 1 – 4, selanjutnya cobalah memainkan cello menggunakan nada – nada dasar terlebih dahulu.

Itulah beberapa teori untuk mengetahui Cara Belajar Cello Secara Otodidak Bagi Pemula. Sebagai saran pelengkap dari anak musik, sebaiknya kamu mengikuti les atau kursus musik cello di kota bandung, jakarta, dan kota lainnya. Namun, perhatikan juga tempat kursus yang akan kamu kunjungi, pastikan pengajar dan tempat kursus tersebut mempunyai pengalaman dan pembelajaran yang mumpuni.

Baca juga: