search-button

3 Cara Mudah Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik

   
Untuk informasi dan pengetahuan sekarang ini, kita akan membahas bagaimana Cara Mudah Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik, sehingga bisa digunakan sperti hal nya gitar elektrik atau listrik. Gitar akustik semi elektrik berguna sekali untuk digunakan dalam acara musik panggung atau sarana guide pembuatan lagu dalam home recording. Bahkan kamu bisa menggunakan gitar akustik semi elektrik untuk latihan dalam stduio musik, dan kamu bisa mengkolaborasikan dengan suara alat musik lainnya. Bahan yang digunakan dalam perombakan gitar akustik menjadi elektrik diantaranya: spul gitar, equalizer gitar, dan kabel untuk menyambungkan spul dan equalizer.
Cara Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik
Untuk membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik, kamu bisa menggunakan spul sederhana dengan pengerjaan secara manual. Namun, apakah bisa berkualitas baik jika menggunakan peralatan yang sederhana? Untuk menghasilkan suara yang baik pada gitar, sebaiknya kamu membeli peralatan secara khusus dan komplit yang memang tersedia untuk gitar akustik sendiri. Di toko alat musik selalu menyediakan berbagai fasilitas untuk peralatan musik, termasuk bahan untuk menjadikan gitar akustik menjadi gitar semi elektrik. Kamu bisa bertanya dan meminta saran kepada pemilik toko, agar gitar yang akan kamu ubah menjadi gitar yang menghasilkan suara baik pada umumnya.

3 Cara Mudah Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik

  1. Persiapkan gitar beserta peralatannya, yaitu: satu sachet komplit spul gitar, dan peralatan ukir kayu.
  2. Buatlah kotak persegi pada bagian atas body gitar, dan untuk bawah body gitar bisa membuat kotak persegi berukuran kecil, beserta lubang untuk kabel jack. Untuk ukuran yang digunakkan bisa melihat gambar berikut ini.
    Cara Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik
  3. Jika kedua tahap di atas sudah dilakukan, selanjutnya pasangkan equalizer atau spul beserta kabel – kabelnya. Lakukan perekat menggunakan lem terlebih dahulu, selanjutnya pasangkan baut kecil untuk memperkuat perekat.

Dalam peralatan Cara Mudah Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik, biasanya toko sudah mempersiapkan hal lainnya, seperti kabel dan timah untuk solder, begitu juga dengan lem perekat dan baut. Jadi, saat kamu belanja peralatan gitar tersebut, sebaiknya periksa dengan teliti agar pembuatan gitar tidak terhambat oleh minim nya peralatan. Bagian atas gitar biasanya terdiri dari equalizer pengatur suara, sedangkan untuk bagian dalam gitar merupakan spul dan jalur kabel. Dan bagian bawah biasanya terdiri dari line out untuk kabel jack beserta baterai untuk mengatur nada yang akan digunakan.

Baca juga: