search-button

3 Cara Cepat Belajar Karinding Bagi Pemula

   
Bisa bermain karinding adalah hal yang paling menyenangkan, sangat menarik juga jika pemula belajar memainkan alat musik tradisional ini. Karinding adalah alat musik tradisional sunda yang awalnya digunakan oleh para petani untuk mengusir hama di pesawahan. Suara yang keluar dari karinding berbunyi seperti tepuk tangan atau menyerupai suara jangkrik, belalang, dan burung. Jadi hama akan pergi saat mendengar suara karinding seperti itu. Namun, perlu kamu ketahui. Saat ini karinding selalu digunakan sebagai melodi atau pemanis pada beberapa instrument lagu. Jadi, selain hama bisa pergi dari sawah, para petani pun semakin betah di sawah dan terus memainkan karinding dengan variasi musik yang berbeda – beda.


Alat musik karinding adalah salah satu alat musik tradisional sunda yang menghasilkan bunyi dengan cara tiup. Terdapat beberapa wilayah sunda yang membuat alat musik karinding ini, diantaranya: Cikalongkulon (Cianjur), Pasirmukti, Citamiang, (Tasikmalaya), dan Lewo Malangbong (Garut). Pada umunya karinding dibuat dari bahan bambu yang dibentuk seperti tusuk sanggul rambut yang digunakan para perempuan. Untuk lebih praktis lagi dalam menyimpan karinding, biasanya para lelaki membuat karinding berukuran pendek, agar mudah di simpan disaku ataupun bungkus rokok.

3 Cara Cepat Belajar Karinding Bagi Pemula

  1. Simpan karinding di bibir, lalu tepuk bagian pemukulnya.
  2. Terlebih dahulu lakukan tepukan dengan tempo lambat.
  3. Mengganti posisi bibir menghasilkan resonansi suara yang berbeda.
Cara Cepat Belajar Karinding Bagi Pemula
Seperti itulah cara cepat belajar alat musik karinding, kamu bisa melakukannya dengan teman – teman yang gemar dengan alat musik yang satu ini. Alangkah baiknya mencoba berlatih dengan alat musik tradisiol lainnya, sehingga kamu akan paham dan mengerti posisi yang tepat untuk memasukan suara karinding. Suara karinding sendiri bisa digunakan sebagai pengiring ataupun melody pada sebuah lagu, tergantung konsep dari lagu tersebut. Untuk pengetahuan lebih dalam lagi tentang alat musik tradisinoal lainnya, kamu bisa mengikuti lewat fansfage anakmusik ini.

Baca juga: