search-button

Tips Belajar Vokal (Menyanyi Dengan Lawan Duet)

   
Tips Belajar Vokal (Menyanyi Dengan Lawan Duet) – Menyanyi adalah hal yang paling menyenangkan, apalagi kalau dilakukan dengan lawan duet, kamu bisa saling berbagi pengetahuan tentang tips vokal, dan berbagai teknik vokal lainnya. Mempunyai teman untuk bernyanyi adalah pengalaman yang sangat berharga, selain kamu mempunyai teman untuk  bermain, kamu juga bisa saling berbagi pengetahuan dan berlatih vokal secara baik dengan lawan duet kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa dalam bernyanyi dengan lawan duet, diperlukan dua nada yang berbeda menjadi satu irama. Sebagai contoh, kamu laki – laki, dan lawan duet kamu perempuan.

Banyak penyanyi dalam, maupun luar negeri yang menguasai teknik vokal dalam berduet, mereka satu sama lain saling mengisi suara dalam satu lagu. Coba dengarkan penyanyi indonesia dan lagunya, seperti “Rossa – Feat Pasha Ungu – Terlanjur Cinta”. Lagu ini bisa kamu jadikan referensi latihan vokal dalam berduet. Mempunyai nada yang berbeda, namun berirama baik, antara suara laki – laki dan suara perempuan. Keduanya mempunyai suara merdu, berkolaborasi mengolah vokal bersama dengan dua nada yang berbeda. Apa kamu tidak tertarik untuk mencobanya?
Tips Belajar Vokal (Menyanyi Dengan Lawan Duet)

Tips Belajar Vokal (Menyanyi Dengan Lawan Duet)

Perbedaan antara suara laki – laki dan perempuan adalah satu oktaf, suara laki – laki lebih rendah daripada suara permpuan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa laki – laki dan perempuan bisa bernyanyi bersama dalam dua nada yang berbeda. Sebagai contoh:
  1. Jika laki – laki menyanyi dengan nada asli lagu, maka perempuan harus menyanyikannya dengan suara rendah (alto).
  2. Jika laki – laki menyanyi dengan nada tinggi pada lagu tersebut, maka perempuan harus menyanyikannya dengan nada asli lagu itu sendiri.
Itulah kedua perbandingan suara yang bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran dalam mengolah vokal. Kamu bisa memilih lagu dan memberi variasi pada lagu tersebut dengan cara, menempatkan suara vokal perempuan pada bait pertama, lalu bait kedua di isi vokal oleh penyanyi laki – laki, dan mengisi suara vokal bersama saat berada pada bagian reff lagu.