search-button

Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula

   
Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula – Untuk memulai belajar vokal, terlebih dahulu anda harus mempelajari tentang materi pernafasan, vocalizing, dan teknik menyanyi dengan baik. Cara belajar vokal yang baik harus mempersiapkan diri untuk memulai, fokus, memilih lagu yang disukai, dan menyanyi dengan gembira.  Disamping itu pula, untuk menjaga kualitas pita suara agar tetap baik, anda harus benar – benar menjaga kesehatan dan berlatih vokal dengan giat secara teratur, dalam waktu yang efektif. Bagi pemula yang belajar vokal secara otodidak, mungkin bisa mengikuti sedikit pembelajaran tentang materi vokal, yang akan saya uraikan sekarang. Walaupun memang banyak tempat sekolah musik atau les vokal berbayar, di kota anda.
Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula
Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula
Saya sengaja merangkum beberapa pengetahuan tentang Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula ini, karena kebanyakan pemula yang belajar vokal secara otodidak, terkadang ragu untuk memulai belajar vokal di tempat les maupun sekolah musik. Dengan adanya materi ini, setidaknya memberi pengetahuan, semangat, motivasi dan rasa percaya diri akan kemampuan mengolah vokal. Dengan mengetahui dasar belajar vokal yang baik, setidaknya anda tidak ragu lagi untuk segera mengikuti pembelajaran vokal di tempat les atau sekolah musik terdekat, di kota anda. Namun, bagi anda yang tidak bisa meluangkan waktu ke tempat les, atau jauhnya lokasi sekolah musik, anda bisa membaca sedikit materi sederhana ini, sebagai dasar awal pembelajaran vokal bagi anda.

Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula

  1. Semua instrument musik mempunyai tiga elemen, diantaranya: Generator, Vibrator, dan Resonator.
    Teknik Pernafasan Vokal
  2. Terdapat beberapa teknik pernafasan yang baik, diantaranya: Pernafasan Dada, Pernafasan Perut, dan Pernafasan Diafragma. Yang paling baik untuk melatih pita suara anda adalah teknik pernafasan Diafragma. Cara untuk melatih pernafasan diafragma bagi pemula adalah bernafas secara relaks tidak memikirkan proses cara bernafas, layaknya seperti anda berbicara, tertawa, maupun berteriak. Pastikan anda dalam keadaan relaks, ambil nafas, tahan sebentar, lalu keluarkan secara perlahan dengan desisan. Pastikan menahan nafas dalam waktu kurang dari 5 menit.
  3. Untuk melatih pita suara yang baik, anda bisa berlatih mengikuti teknik vocalization exercise. Sebagai latihan anda bisa melihat Tangga Nada (scale) di bawah ini.
    Tangga Nada (scale)
    Tangga Nada (scale)
  4. Lakukan latihan di atas secara teratur, misalnya satu hari 3 kali, dalam waktu 30 menit. Lalu rasakan perkembangan pada pita suara anda. Jika dalam satu bulan tersebut anda merasa nyaman dan ada kemajuan, maka langkah selanjutnya, cobalah belajar menyanyikan lagu kesukaan anda.

Itulah beberapa tips Teknik Vokal Yang Baik Untuk Pemula, anda bisa berlatih sesuai ketentuan di atas. Semakin anda sering berlatih, maka anda akan tahu dimana kesalahan dan kenyamanan anda dalam mengolah suara. Untuk menjauhkan nada fals saat anda bernyanyi, sebaiknya gunakan bantuan alat musik seperti, gitar, piano, dan sebagainya. Jika ada saran maupun kritik untuk yang bersifat membangun, anda bisa mengikuti web atau fans page anak musik ini.

Baca juga: