search-button

Peralatan Dan Perlengkapan Home Recording Professional

   
Peralatan Dan Perlengkapan Untuk Membuat Home Recording – Cara membuat home recording dengan peralatan murah dan perlengkapan seadanya. Tentu saja itu yang di inginkan oleh setiap editor musik pemula. Dalam membuat studio musik di dalam rumah, tentu saja memerlukan peralatan – peralatan yang baik, seperti Komputer / Laptop, Soundcard, Gitar, dan masih banyak juga perlengkapan musik lainnya. Home recording merupakan cara alternatif untuk membuat beberapa lagu digital, yang di operasikan oleh pemilik rumah tersebut. Cara ini memang sudah banyak diminati oleh kalangan orang yang menyukai musik. Selain menghemat biaya, akan menambah juga wawasan, dan inspirasi sendiri bagi editor musiknya. Bagi anda seorang editing musik pemula, mungkin bisa menambah ilmu recording lewat pengalaman saya di bawah ini.
Perlengkapan Untuk Membuat Home Recording

Apa Saja Perlengkapan Untuk Membuat Home Recording Supaya Terdengar Professional?

  1. Spesifikasi Komputer / Laptop Untuk Home Recording. Cara Membuat Lagu di Laptop atau Komputer tentunya membutuhkan spesifikasi tertentu, agar suara yang dihasilkan maksimal, dan terlihat anda seorang editor musik professional. Spesifikasi komputer yang digunakan oleh saya yaitu: Opertion System Windows XP, Soundcard Bawaan Motherboard (saran saya menggunakan soundcard external), Hard disk 500 GB, Terminal USB, Grafik Resolusi Monitor 1024 x 768, Prosesor 2-Ghz AMD Athlon, dan RAM 2 GB.
  2. Peralatan Tempur Untuk Home Recording. Tentunya tidak perlu dijelaskan lagi untuk masalah ini, kita hanya perlu alat musik sesuai dengan konsep lagu yang akan kita buat. Setelah itu kita sambungkan kabel (jack) dari alat musik ke mixer lalu ke input soundcard komputer atau soundcard externa, dan sound (speaker sebagai output).
  3. Software Untuk Home Recording. Software yang saya gunakan untuk editing musik adalah STEINBERG NUENDO 4. Nuendo 4 merupakan kunci utama saya, karena dengan software musik ini saya bisa merekam, mengedit ataupun yang lainnya, yang berbau dengan home recording. Mungkin anda bisa memilih salah satu Software Editing Audio Terbaik ini.
 
Bukan Hanya Nuendo 4. Menggunakan vst instrument atau plugins bawaan nuendo sendiri, memang bisa kita lakukan. Namun, bagi saya semua itu tidak berasa dan kurang gurih untuk dinikmati. Untuk menghasilkan musik digital yang baik, tentunya harus benar – benar bisa memilih setiap alat musik dan software – nya.
GUITAR RIG 5 . Untuk gitar saya menggunakan software GUITAR RIG 5. Software guitar rig 5 merupakan pilihan yang sangat cocok bagi saya, mungkin juga anda bisa mencobanya. Guitar rig ini berfungsi untuk mengedit audio gitar yang telah anda rekam, dan terdapat juga berbagai pilihan effect, ampliefer, dan suara – suara lainnya yang berhubungan dengan gitar. Sangat cocok digunakan untuk gitar bass, elektrik, maupun akustik. Walaupun proses pengeditan lewat komputer, namun kualitas yang dihasilkan tidak beda jauh dengan effect gitar aslinya. Bahkan menurut saya lebih rapih dan berkualitas baik dibandingkan dengan effect gitar asli yang kita atur. 

FX PANSION BFD 2. Ini yang termewah bagi saya, kebanyakan editor musik pemula kesusahan untuk menutupi suara drum digital yang hasilnya selalu terdengar sederhana. Saya menggunakan software FX PANSION BFD 2 sebagai pembuatan audio drum digital di home rceording saya. BFD 2 ini benar – benar mengagumkan, saya bisa membuat suara drum tersebut seperti hal nya terdengar suara drum asli yang di record secara live. Bisa kita gunakan untuk membuat drum pada lagu bergenre POP, ROCK, ACOUSTIC dan yang lainnya. Walaupun terbilang cukup mahal, tapi kualitas yang dihasilkan tidak akan mengecewakan, dan kisaran harga software ini adalah Rp. 3.000.000,– .Mungkin anda bisa mencoba BFD 2 ini sebagai salah satu software drum di Home Recording anda.

Semua orang yang pernah terjun ke dunia recording tentunya sangat mengenal baik dengan produk IK MULTIMEDIA ini. Untuk pengeditan instrument gitar, vokal ataupun yang lainnya, saya tidak hanya menggunakan GUITAR RIG. Beberapa software lainnya saya gunakan sebagai pelengkap supaya hasil recording tidak terasa garing. Software tersebut adalah FL Studio 10, Autotune 5, Amplitube  Fender, Amplitube Jimi Hendrix, Amplitube Live, Amplitube Metal, Amplitube X – Gear, Tracks 3 Deluxe, Tracks 3 Mastering, Sampletank2, AMPEQ SFX, dan Waves. Dan untuk proses mixing saya menggunakan WAVELAB 6.

Itulah beberapa Perlengkapan Untuk Membuat Home Recording yang sekarang saya gunakan, mungkin anda bisa mencobanya di rumah. Memang pengertian di atas masih banyak kekurangan, namun sedikitnya mungkin akan bermanfaat bagi orang yang baru terjun ke dunia editing audio (Recording). Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui pembelajaran tentang software musik lainnya, anda bisa mengikuti perkembangan anakmusik.com ini melalui informasi di atas ataupun lewat fanspage facebook anakmusik.


Baca Juga: