search-button

Cara Memegang dan Memainkan Angklung

   
Cara Memegang dan Memainkan AngklungBelajar alat musik angklung adalah hal menarik dan menyenangkan. Angklung sendiri berkembang di daerah sunda, pulau jawa bagian barat. Banyak orang di daerah sunda yang menyukai alat musik angklung ini, terutama di daerah bandung – jawa barat. Di berbagai sudut kota sangat banyak tempat dan komunitas yang mengadakan berbagai pertunjukaa alat musik angklung. Mereka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, dari mulai membuat, belajar, dan bagaimana cara memainkan angklung yang baik pada umumnya. Angklung sendiri terbuat dari bahan dasar bambu yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (menghasilkan bunyi karena adanya benturan dari satu pipa bambu, ke badan pipa bambu lainnya), sehingga menghasilkan getaran bunyi yang tersusun 2, 3 sampai 4 nada.
Cara Memegang dan Memainkan Angklung
Untuk memainkan angklung dibutuhkan teknik – teknik yang benar pada umumnya, agar bunyi yang dihaslikan dari setiap bambu, terdengar indah dan baik. Dari itu, kita harus benar – benar mengetahui dasar – dasarnya terlebih dahulu. Bagi pemula, tentunya sangat menarik jika membaca tips – tips belajar angklung ini. Karena tips ini bisa dijadikan pembelajaran otodidak “bagaimana cara memainkan angklung yang benar pada umumnya”. Materi ini sudah saya praktekkan sendiri, dan sangat baik jika pemula menggunakan teknik pembelajaran angklung ini. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa menyimak pengertian di bawah ini.

Cara Memegang dan Memainkan Angklung


Cara Memegang Angklung
  1. Untuk memegang angklung, kita gunakan tangan kiri, sedangkan untuk menggetarkannya menggunakan tangan kanan.
  2. Tangan kiri memegang angklung pada bagian tengah – tengah tiang angklung (vertikal dan horisontal).
  3. Posisi angklung harus benar– benar tegak dan sejajar dengan tubuh. Agar angklung bisa bergetar dengan baik dan tidak kaku saat dimainkan, maka dibutuhkan jarak dengan tubuh sekitar setengah meter.
  4. Gunakan posisi tangan untuk menggetarkan bagian ujung tabung.

Cara Memainkan Angklung
  1. Untuk menghasilkan bunyi suara yang rata dan tidak nyaring, posisi angklung harus tetap tegak, lalu getarkan ke arah kanan dan kiri dengan menggunakan tangan kanan.
  2. Agar suara angklung lebih halus dan rata, getarkan angklung dengan frekuensi yang cukup sering. Sehingga nada akan terus mengisi dan tidak nyaring untuk di dengar.
  3. Walaupun memang bisa memainkan angklung dengan cara duduk, tetapi berdiri adalah hal yang paling baik dalam memainkan alat musik angklung.
  4. Sebelum memainkan angklung, alangkah baiknya lakukan sesi latihan terlebih dahulu, dengan memainkan nada – nada pendek secara berkala selama lima sampai sepuluh menit.

Pengertian angklung di atas merupakan pembelajaran dasar cara – cara memegang dan memainkan alat musik angklung. Lakukan pembelajaran angklung secara bertahap, dan lakukan juga perawatan seperti menyimpannya di tempat kering, tidak terkena sinar matahari, dan gunakan gantungan sebagai penyimpanan angklung saat tidak dimainkan. Untuk pengetahuan lebih luas lagi, kamu bisa melihat perkembangan dan pembelajaran alat musik tradisional lainnya, di fanspage anak musik ini.

Baca juga: