search-button

Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana

   
Cara Membuat Peredam Suara Studio Musik – Untuk memainkan alat musik di dalam ruangan, tentunya anda harus benar – benar menutup atau meredam suara di dalam studio musik atau karaoke dengan menggunakan bahan peredam suara yang bagus, murah dan layak untuk digunakan. Sehingga suara yang dihasilkan dari alat musik tersebut, akan terdengar jelas dan memudahkan kita untuk mengontrol sound system, saat mengalami kinerja yang tidak baik. Menggunakan peredam suara dalam studio musik juga akan memberi dampak baik bagi tetangga rumah kita sendiri. Karena jika studio musik tanpa peredam suara, akan terdengar bising dan keras, sehingga mengakibatkan suasana yang gemuruh, tidak jelas.

Cara Membuat Peredam Suara untuk Studio Musik Sederhana bisa kita lakukan dengan bahan – bahan yang murah, namun berkualitas baik. Tapi ada juga bahan peredam suara untuk studio musik yang memerlukan biaya cukup mahal, begitu juga dengan kualitasnya, tidak bisa di ragukan lagi. Namun jika hanya digunakan untuk studio musik yang sederhana, anda bisa mencoba membuat peredam suara dengan biaya yang murah, dan sederhana pula bahannya. Tetapi jangan heran, bahan – bahan dan cara membuat peredam suara studio musik ini, layak untuk kita gunakan dan anda bisa melihat cara – cara pembuatannya di bawah ini.

Cara Membuat Peredam Suara Studio Musik Sederhana

  1. Bahan – bahan Peredam Suara Studio Musik. Kayu Kaso – Paku – Kawat Beton – Majun – Karpet. Biaya dan harga untuk pembuatan peredam suara, tergantung kebutuhan atau luasnya ruangan studio musik anda.
  2. Langkah Pertama membuat peredam suara. Setelah semua bahan sudah di sediakan, selanjutnya tempelkan semua kayu kaso pada dinding menggunakan paku. Tempelkan sesuai kebutuhan dan luasnya ruangan studio musik anda. Seperti contoh di bawah ini.
    1 Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana
    Frame Kayu Kaso Pada Dinding Ruangan
  3. Selanjutnya, lilitkan kawat pada paku dan pasangkan pada frame, lalu tempelkan pada dinding ruangan studio. Pastikan tegangan kawat kuat untuk menahan beban dan jarak sekat kawat tidak terlalu carang atau kosong, sekitar 10 cm.
    2 Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana
    Frame Kayu Kaso Dengan Ram Kawat
    3 Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana
    Detail Frame Kayu Kaso Dengan Ram Kawat
  4. Setelah semuanya terpasang dengan rapi, masukan kain majun atau busa keras ke dalam frame dengan penuh dan padat.
    4 Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana
    Detail Frame Kayu Kaso Dengan Ram Kawat dan Majun


  5. Seperti itulah cara membuat peredam suara yang sederhana, dan untuk finish interior bisa menggunakan karpet maupun kain. Jadi, lapisan yang digunakan seperti keterangan di atas, gambarannya seperti di bawah ini.
    5 Cara Membuat Peredam Suara Untuk Studio Musik Sederhana
    Lapisan Peredam Suara Alternatif
Seperti itulah tahap – tahap dalam pembuatan peredam suara untuk ruangan studio musik yang sederhana. Untuk informasi harga atau biaya yang dibutuhkan dalam membuat peredam suara, berikut kisarannya: Kayu Kaso Rp. 5000 – Rp. 9.000 /batang, Paku Rp. 10.000 – Rp. 15.000 /kg, Kawat Beton Rp. 12.500 /kg, Majun Rp. 300 – Rp. 500 /kg, dan Karpet Rp. 10.000 – Rp. 15.000 /meter.

Baca juga: