search-button

Cara Cepat Belajar Recorder Bagi Pemula

   
Cara Cepat Belajar Recorder Bagi Pemula – Cara memainkan recoreder (seruling) tidak beda jauh dengan alat musik suling sunda pada umumnya. Alat musik yang menghasilkan bunyi jika di tiup dan menghasilkan nada jika lobang – lobang di tutup dan di buka oleh jari. Bisa belajar recorder dengan cepat, tentunya idaman bagi semua orang, terutama bagi pemula yang belajar bermain recorder secara otodidak. Selain menyenangkan, alat musik recorder ini sangat mungil, lucu dan praktis bisa dibawa kemana saja. Namun, perlu kamu ketahui, bahwa alat musik recorder itu terbagi menjadi enam (6) jenis, diantaranya: Recorder Alto, Bass, Great Bass (Contra Bass), Sopranino, Soprano, dan Recorder Tenor.
Cara Cepat Belajar Recorder Bagi Pemula
Belajar recoder bisa dilakukan dengan not angka dan not balok, kamu bisa mencari not recorder "search for google". Namun, sebelum kamu memulai bermain recorder dengan not angka, alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu teknik dasar bermain recorder yang baik dan benar, dengan mengetahui: nada recorder, posisi untuk tangan kanan, maupun kiri, dan bagaimana cara memulai untuk belajar bermain recorder.

3 Cara Cepat Belajar Recorder Bagi Pemula

  1. Nada Recorder. Do (Semua lubang di tutup sempurna) – Re (Hanya Lubang 7 yang dibuka) – Mi (Lubang 6 – 7 dibuka) – Fa ( Lubang 5 – 7 dibuka) – Sol (Lubang 4 – 7 dibuka) – La (Lubang 3 – 7 dibuka) – Si (Lubang 2 – 7 dibuka) – Do Tinggi (di tiup hanya menekan lubang 2 dan Lubang oktaf belakang). Sebagai contoh gambar: (lubang 3 – 9 = 1 – 7).
    Mengenal Bagian Recorder
    Mengenal Bagian Recorder
  2. Posisi Tangan. Tangan kanan memegang recorder bagian bawah, sedangkan tangan kiri memegang bagian atas.
  3. Posisi Jari. Tangan Kanan (Ibu Jari – menutup lobang oktaf bawah) – (Jari Telunjuk – menutup lubang 1) – (Jari Tengah – menutup lubang 2) – (Jari Manis – menutup lubang 3). Sedangkan untuk Tangan Kiri : (Jari Telunjuk – menutup lobang 4) – (Jari Tengah – menutup lubang 5) – (Jari Manis – menutup lubang 6) – (Jari Kelingking – menutup lubang 7).

Itulah beberapa cara cepat dan mudah untuk belajar bermain alat musik recorder. Terus berlatih pembelajaran dasar dengan mengenal posisi jari, dan pernafasan udara. Untuk bermain recorder, sebaiknya dilakukan dengan posisi badan tegak lurus, dan kedua siku tangan sedikit terbuka ke atas. Sehingga kamu akan leluasa dan mempunyai power yang baik dalam pernafasan. Untuk menghasilkan suara yang lembut, sebaiknya menghirup dan mengeluarkan udara secara perlahan. Untuk mengenal nada recorder (tidak fals), kamu bisa membandingkannya dengan nada alat musik keyboard.
Baca juga: