search-button

Cara Cepat Belajar Pianika Bagi Pemula

   
Cara Cepat Belajar Pianika Bagi Pemula – Pianika adalah jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi jika tiup, sama seperti harmonika. Mempunyai papan tuts seperti alat musik keyboard dan piano. Namun, pada umumnya pianika sendiri mempunyai 3 oktaf papan tuts, dan satu pipa lentur yang digunakan sebagai alat tiup saat dimainkan. Untuk memainkan pianika, tentunya dibutuhkan konsentrasi dan pernafasan yang baik. Selain itu juga, saat jari – jemari kita menekan tuts pianika, kita harus tetap berkonsentrasi meniup pipa secara lembut dan rata, namun mempunyi power. Sehingga akan terjadi kolaborasi antara tangan dan tiupan yang menjadikan bunyi menjadi merdu dan enak di dengar.
Cara Cepat Belajar Pianika Bagi Pemula
Alat musik tiup (pianika), pada umumnya digunakan sebagai sarana pendidikan di sekolah TK, SD, menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Jadi, tidak heran kalau banyak yang menggemari jenis alat musik yang satu ini. Sebelum kamu mengetahui cara belajar pianika, sebaiknya kamu mengetahui kunci dasarnya dahulu. Kuci dasar pianika sama seperti dengan kunci dasar alat musik keyboard. Kamu bisa mengetahuinya disini. Jika kunci pianika sudah benar – benar kamu hapalkan, selanjutnya kamu bisa melanjutkan pembelajaran pianika ke tahap selanjutnya. Pianika sendiri berguna sebagai pengiring dan pemanis di setiap instrument lagu. Pada bagian melodi pokok, maupun kontra melodi.

5 Cara Cepat Belajar Pianika Bagi Pemula

  1. Kegunaan dari Tuts Pianika. Tuts putih berfungsi sebagai nada pokok lagu, sedangkan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada – nada kromatis dari setiap lagu.
  2. Cara Memainkan Pianika. Tangan kiri digunakan untuk memegang pianika, sedangkan tangan kanan untuk menekan tuts pianika, dan mulut yang meniup pipa pianika.
  3. Jari tangan harus lemah dan lembut, sehingga akan leluasa saat memainkan pianika. Selain itu, setiap jari tangan kanan harus mempunyai tugas satu – persatu untuk menekan tuts – tuts tertentu.
  4. Latihan Fingering Tangan Kanan. Ibu jari (1) – Jari telunjuk (2) – Jari tengah (3) – Jari manis (4) – Jari kelingking (5). Lakukan penjarian menggunakan interval nada – nada dasar, seperti nada C – D – E – F – G.
  5. Belajar mengolah teknik pernafasan. Usahakan jangan sekaligus menghirup atau mengeluarkan nafas secara serentak. Lakukan secara perlahan, sehingga akan mendapat pernafasan yang baik, dan menghasilkan bunyi suara yang lemah dan lembut.

Untuk menguasai permainan pianika, tentunya dibutuhkan latihan dan beberapa teknik pembelajaran yang baik pada umumnya. Jadi, bagi pemula yang belajar pianika secara otodidak, harus berhati – hati dan rajin mengikuti latihan pianika secara teratur. Untuk pengetahuan lebih luas lagi dalam pembelajaran alat musik dan yang lainnya, kamu bisa mengikuti fanspage facebook anak musik ini.

Baca juga: