search-button

Bermain Bass Untuk Musik Blues

   
Bermain Bass Untuk Musik Blues – Gitar bass adalah salah satu alat musik pengiring yang sangat penting untuk di kolaborasikan dengan alat musik lainnya. Berbagai macam teknik gitar bass yang bisa kita gunakan untuk permainan genre musik jazz, blues, dangdut, rock, dan genre musik lainnya. Cara bermainnya pun sangat berbeda, dari satu aliran musik , ke aliran musik lainnya. Ada yang menggunakan teknik bass slap, bass tapping dan masih banyak lagi teknik permainan bass lainnya. Jadi, bagi pemula yang sedang belajar bass secara otodidak, harus berhati – hati dalam pembelajaran gitar bass tersebut. Karena, sedikit saja mengalami kesalahan dalam pembelajaran dasar gitar bass, akan berakibat buruk untuk tahap pembelajaran selanjutnya.

Setiap pemula yang belajar bass secara otodidak, akan mengalami rasa sakit dan pegal pada bagian tangan kanan, maupun tangan kiri. Selain itu juga, ujung jari akan menimbulkan benjulan yang lumayan sakit. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena rasa sakit dan benjulan tersebut akan menghilang dalam waktu beberapa hari. Setelah itu, jari ujung tangan kamu akan merasa kuat dalam menekan senar bass dan tangan tidak merasa kaku saat bermain gitar bass. Setelah kamu menguasai dasar – dasar dalam belajar bass, tentunya sangat mengagumkan jika bermain bass dengan mengikuti alur genre musik yang kamu inginkan. Sebagai dasar pembelajaran dalam bermain gitar bass, saya akan memberikan materi bagaimana cara bermain gitar bass untuk genre musik blues.

Bermain Bass Untuk Musik Blues

Bermain Bass Untuk Musik Blues

Setiap musik mempunyai alur atau tangga nada tersendiri, untuk musik jazz, maupun musik blues. Untuk kamu yang menyukai musik blues, bisa melihat tangga nada gitar bass di bawah ini.
Tangga Nada Gitar Bass Blues
Gambar di atas merupakan tangga nada yang berguna untuk pembelajaran permainan gitar bass, bergenre musik blues. Sebagai dasar pembelajaran tahap awal, kamu bisa bermain dari nada bass (A – C – D – D# – E – G – G# – A) secara terus – menerus. Jika tangan kamu tidak merasa kaku dan sudah lancar dalam alur nada tersebut, sebaiknya mulai bermain dengan improvasi – improvasi dasar seperti menggunakan nada (A – D 2x) dan (E – D 1x) lalu kembali ke nada (A). Sebelum memulai bermain gitar bass, lakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti fingering atau senam jari menggunakan nada – nada sederhana.

Baca juga: