search-button

Teknik Vokal Scream Dan Growl Terlengkap

   
Teknik Vokal Scream Dan Growl – Cara belajar vokal dengan teknik scream dan growl tentunya tidak begitu mudah, diperlukan latihan dan pernafasan khusus. Beberapa vokalis scream cewek maupun cowok mempunyai teknik – teknik sendiri, tergantung kualitas pita suara yang mereka punya. Jika anda melakukan vokal scream dan growl dengan teknik yang salah atau asal – asalan, maka akan berakibat buruk bagi suara anda, bahkan lebih bahaya lagi akan mengakibatkan pita suara anda putus.

Untuk mengusasai teknik vokal scream dan growl anda baik dan aman, saya akan memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagaimana cara melakukan teknik vokal scream dan growl yang baik dan mengenalkan band – band yang memakai teknik scream dan growl secara lengkap.

Teknik Vokal Scream Dan Growl Terlengkap

Vokal Scream Dan Growl
Vokal Scream Dan Growl
  1. DEATH. Teknik vokal ini terdengar seperti suara Falsetto yang sangat melengking. Beberapa cara untuk melakukan teknik scream death ini dimulai dengan mengeluarkan suara bernada tinggi, lalu buat nada tersebut seperti falsetto, dan tambahkan sedikit distorsi seperti hal nya melakukan teknik vokal Scream False. Contoh vokal Band yang menggunankan teknik ini salah satunya adalah Cradle of Filth.
  2. FALSE. Teknik vokal yang satu ini sangat susah jika dipelajari, perlu latihan dalam waktu yang cukup lama. Teknik ini sama seperti scream, menghasilkan nada tinggi namun berdistorsi. Cara melakukan distrosi pada tenggorokan bisa dengan cara berteriak “Heah” namun pengeluarannya harus seperti berkata “Hemm”. Lakukan dengan nada tinggi dan lebarkan mulut anda, sehingga nada yang dikeluarkan akan menghasilkan distrosi dari tenggorkan anda. Sebagai latihan, anda bisa terus mendengarkan lagu dari band berteknik false ini. Beberapa band yang menggunakan teknik vokal false diantaranya: Bring Me The Horison, Miss May I, Suicide Silence dan masih banyak lagi.
  3. FRY. Teknik vokal fry terbilang cukup mudah dan banyak vokal band – band yang menggunakan teknik ini, diantaranya: Bring Me The Horison, Bless The Fall, Bullet For My Valentine, dan banyak juga band lainnya. Teknik ini bisa dibilang teknik yang di modifikasi dari scream.
  4. GROWL. Pada umumnya teknik ini diberi nama “Scream Rendah”, yang membedakan ini dengan scream adalah posisi dari mulut kita. Bentuk mulut harus terbuka lebar. Namun saat kita melakukan teknik growl, bentuk mulut kita harus segera dibentuk menyerupai huruf “O”, sehingga akan menghasilkan suara rendah. Beberapa band yang menggunakan teknik growl ini adalah Underoath, Carnifex, Atreyu, The Black Dahlia Murder, dan masih banyak lagi band lainnya.
  5. GRUNT. Grunt adalah teknik olah vokal dengan cara menghisap atau menyedot suara, lalu mengeluarkannya kembali seperti berbicara, tapi bernada tinggi. Beberapa band underground yang memakai teknik vokal grunt ini adalah Suicide Silence, Amon Amarth, Job For a Cowboy, dan banyak band lainnya lagi.
  6. PIG SQUEALS. Teknik ini terbilang lumayan sulit, beberapa contoh band yang menggunakan teknik pig squeals ini adalah Mucopus, Guttural Secrete, Job For a Cowboy, dan masih banyak lagi band metal lainnya. Teknik vokal Pig squeals tidak beda jauh dengan grunt (Menghisap udara), namun mempunyai kelebihan seperti suara mendengkur dan lebih melengking dibandingkan dengan grunt.
  7. SCREAM. Teknik olah vokal ini adalah dasar dari semua teknik scream yang ada. Untuk langkah – langkah teknik vokal ini anda harus mengeluarkan nafas dengan cara agak berat, tahan dan diamkan udara terkumpul, lalu cobalah berteriak dengan sedikit udara terasa berat dan tertahan. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa mengikuti contoh band yang menggunakan teknik vokal scream ini, diantaranya Alesana, Walls Of Jerricho, The Used, dan banyak lagi band – band lainnya.

Itulah beberapa cara belajar vokal scream dan growl yang bisa anda pelajari dengan cara mendengarkan lagu – lagu dari band yang menguasi teknik vokal tersebut. Terkadang teknik scream dan growl ini tidak bisa dipaksakan, perlu waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik vokal – vokal ini. Cara yang sederhana adalah terus mendengarkan lagu – lagu dari band di atas dan lakukan latihan vokal secara teratur.

Baca Juga: