search-button

Mengatasi Noise (FeedBack) Pada Alat Musik Gitar

   
Mengatasi Noise (FeedBack) Pada Alat Musik Gitar – Tentunya kita akan merasa jengkel jika sound system mengalami noise atau feedback, apalagi feedback itu terjadi pada gitar, (mic) microphone, ataupun alat musik lainnya. Sehingga permainan musik kita akan sedikit terganggu. Namun sebelum anda mengetahui cara mengatasi noise (feedback) pada alat musik gitar ataupun pada sound system saat berada di studio, terlebih dahulu anda harus tahu penyebab yang mengakibatkan alat musik gitar atau sound system tersebut menjadi noise (feedback). Dengan cara di bawah ini!

3 Cara Untuk Mengatasi Noise (FeedBack) Pada Alat Musik Gitar

  1. Check Sound. Jika anda ingin memulai latihan di studio ataupun saat memulai acara di panggung, sebaiknya nyalakan alat musik yang akan anda mainkan secara satu – persatu. Jika saat satu gitar listrik terdengar noise (feedback), lakukan penelitian dengan cara melihat sambungan kabel yang terpasang dari gitar ke bagian effect gitar. Cabut dan pasangkan kembali kabel tersebut, atau bisa dengan cara mengganti posisi jalur kabel secara bulak balik (Gitar ke Effect / Effect ke Gitar). Namun jika penyebab itu terjadi dari kabel, lebih baik anda mengganti kabel tersebut dengan yang baru. Lakukan seperti itu pada alat musik lainnya.
    Check Sound
    Check Sound
  2. Check Pickups. Untuk noise (feedback) yang berasal dari pickups biasanya terjadi karena kebocoran komponen – komponen yang terlalu dekat dengan alat musik anda. Seperti hal nya: gitar terlalu dekat dengan computer, amplifier, magnet, ataupun microphone (mic). Untuk cara mengatasi tersebut, sebaiknya anda menjaga jarak dari bagian yang menyebabkan noise (feedback) seperti itu, ataupun anda bisa mengganti pickups dengan merk yang berkualitas baik, seperti Single Coir atau Humbucker dan masih banyak pickups terbaik lainnya.
    Check Pickups
    Check Pickups Humbucker dan Single Coil
  3. Check Amplifier. Coba cek setiap chanel volume yang terdapat di amplifier, turun naikkan suara bass, treble, middle atau yang lainnya. Sehingga noise (feedback) tersebut akan terdengar jelas. Atau anda bisa menggunakan amplifier yang khusus untuk gitar elektrik maupun gitar bass, karena amplifier tersebut sudah dilengkapi kelebihan agar alat musik anda tidak terjadi noise (feedback).
    Check Amplifier
    Check Amplifier
Itulah beberapa cara untuk mengatasi noise (feedback) pada alat musik anda. Lakukan cara tersebut secara bertahap. Pastikan anda melihat penyebab – penyebab tersebut dengan teliti. Ini hanya sebagian penyebab yang pada umumnya selalu terpecahkan, dan masih banyak lagi hal yang bisa menjadikan sound system atapun gitar anda mengalami noise (feedback) ringan dan berlebihan.

Baca Juga: