search-button

Cara Membuat Effect Vocal Robot Di FL Studio

   
Cara Membuat Effect Vocal Robot Di FL Studio – Cara merubah suara vocal menjadi suara robot sangatlah mudah, banyak editing musik yang menggunakan teknik suara vokal seperti ini. Selain menambah keunikan suara vocal, cara seperti ini juga bisa membuat lagu anda seperti lagu band papan atas seperti hal nya 30 Second To Mars, Angel Airwaves, dan masih banyak lagi band – band barat lainnya. Itulah beberapa band yang banyak menggunakan vocal dengan effect robot. Untuk editing musik pemula, saya mempunyai salah satu pembelajaran sebagai penambah wawasan anda dalam dunia editing, yaitu “Cara Membuat Effect Vocal Robot Di FL Studio”. Dengan begitu, anda bisa memberi suasana baru terhadap suara vocal yang akan anda edit.

Cara Membuat Effect Vocal Robot Di FL Studio

  1. Buka FL Studio – Klik Menu Channels – Add One – Speech Synthesizer.
    Masuk Menu Channel, Add One, Spech Synhesizer
  2. Masukan “Kata” atau “Vokal” yang akan anda edit di colom “Text”, lalu accept. Jika muncul save, sebaiknya anda save dan simpan effect vokal tersebut di PC / Laptop anda.
    Masukan Vokal Suara Untuk Robot
  3. Selanjutnya tinggal merubah suara effect vokal sesuai keinginan anda, dengan cara klik menu view (F9). Lalu akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
    Menu View atau F9
  4. Klik kanan pada insert 1 (Kanan Master) – Link Selected Channels – To This Track. Pilih Vocodex.
    Link Selected Channels – To This Track. Pilih Vocodex
  5. Ini contoh gambar vocodex, sesuaikan suara effect vokal sesuai selera anda. Untuk pengaturan volume dan yang lainnya bisa melihat gambar di bawah ini.
    Mengatur Volume Vokal Robot Di FL Studio
  6. Selesai dan bisa anda exsport dengan instrument lainnya.

Itulah beberapa langkah mudah untuk merubah suara vokal ke suara robot. Sangat mengagumkan bukan, jika suara tersebut bisa menghasilkan keunikannya sendiri. Untuk pembelajaran editing musik seperti ini, anda bisa melakukannya dengan software musik FL Studio 9 maupun 10. Semoga dengan mengetahui cara membuat effect vocal robot di FL Studio, seperti yang saya jelaskan di atas, bisa terus mengembangkan bakat editing musik anda. Semakin banyak yang tidak diketahui, maka semakin dekat juga dengan rasa penasaran, dan dari situlah anda bisa terus belajar dan belajar, terutama bagi editing yang mengagumi software musik FL Studio ini.

Baca Juga: