search-button

Cara Merawat Alat Musik Saxophone

   
Dalam bermain alat musik saxophone, tentu saja anda harus mengetahui dan mempelajari setiap unsur – unsur yang terkait dengan alat musik saxophone. Salah satunya yaitu bagimana cara merawat alat musik saxophone dengan baik dan benar. Jika anda telah mengerti tentang perawatan saxophone, maka saxophone anda akan selalu mengeluarkan suara yang baik, jernih dan tidak nyaring ditelinga. Sehingga anda merasa tenang saat bermain alat musik saxophone. Dan perawatan saxophone ini juga sebagai salah satu tips untuk meningkatkan permainan alat musik saxophone anda. Untuk itu saya sarankan agar anda selalu mempertahankan dan menjaga kualitas saxophone yang anda miliki.

Untuk merawat alat musik saxophone, tentu saja tidak perlu menunggu saat saxophone anda rusak. Namun, lakukan perawatan saxophone dengan waktu yang efektif dan teratur. Usahakan agar anda selalu melihat bagian – bagian yang terdapat pada alat musik saxophone, sebelum ataupun sesudah anda menggunakannya. Anda tidak perlu takut dan khawatir jika sedikit terjadi kerusakan ringan pada saxophone. Lakukan terlebih dahulu oleh diri – sendiri, jika tetap kerusakan tersebut tidak teratasi oleh anda, maka segeralah lakukan perbaikan saxophone ke tempat service saxophone terdekat di kota anda. Untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa melihat cara merawat alat musik saxophone di bawah ini !

7 Cara Merawat Alat Musik Saxophone

  1. Jika anda akan memainkan alat musik saxophone, terlebih dahulu anda harus mengoleskan oil cork grease ke bagian neck cork. Cara ini bertujuan untuk memudahkan pemasangan bagian mouthpiece ke neck cork.
  2. Untuk pearwatan setelah memainkan alat musik saxophone, anda harus membersihkan bagian body menggunakan oil sax monster swab. Lakukan dengan benar, sampai bagian body bersih dan kering.
  3. Lakukan pembersihan neck menggunakan oil sax neck brush. Jangan lupa juga bersihkan bagian tone hole neck menggunakan oil tone hole cleaner. Bersihkan kedua tersebut menggunakan kain lap sampai benar – benar kering dan bersih.
  4. Bersihkan juga permukaan pad menggunakan oil powder paper atau cleaning paper. Dengan cara, tempelkan powder paper pada bagian tone hole, lalu tekan key dan tarik bagian powder paper secara perlahan. Lakukan seperti itu sampai pad bersih dan tidak lembab lagi.
  5. Untuk menjaga agar gerakan key tetap lancar dan tidak mengakibatkan noise, sebaiknya anda menggunakan key oil sebagai pemberih pada bagian key post.
  6. Untuk perawatan pada bagian body dan neck saxophone, anda bisa menggunakan cairan silver polish untuk menjaga warna saxophone perak tetap bersih. Dan untuk saxophone berwarna emas, anda bisa menggunakan cairan lacquer polish. Lakukan pembersihan menggunakan kain lap yang lembut seperti polishing cloth.
  7. Kain lap polishing cloth dan mouthpiece cleaner juga berfungsi untuk pembersihan bagian mouthpiece pada alat musik saxophone anda.
Cara Merawat Alat Musik Saxophone
Lakukan cara merawat alat musik saxophone seperti di atas, sehingga saxophone anda akan mempunyai kualitas yang terbaik pada umumnya. Mempunyai saxophone yang terawat dengan baik dan benar merupakan dambaan setiap pemain alat musik saxophone, karena dengan begitu mereka bisa bermain dengan tenang dan tidak merasa keberatan untuk selalu menjaga dan merawat saxophone mereka. Cara merawat alat musik saxophone di atas, selalu saya lakukan pada alat musik saxophone saya, dan akhirnya tips ini benar – benar ampuh dan baik untuk di pragakan, sangat berguna juga jika anda mencobanya. Dan untuk bahan – bahan oil perawatan biola, bisa anda beli di berbagai toko atau perbaikan alat musik saxophone terdekat di kota anda.

Baca Juga: