search-button

Cara Menyetem Biola Dengan Nada Akurat

   
Cara Menyetem Biola Dengan Nada Akurat – Nada biola tentunya akan mengalami fals jika terlalu lama dipakai ataupun disimpan, senar biola akan bersifat kendur jika terus – menerus anda memainkannya. Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya anda harus menyetem biola ke nada akurat seperti suara biola pada umumnya. Cara menyetem biola sangat mudah, bisa kita lakukan atau mencocokan nada senar biola dengan alat bantu lainnya, seperti alat musik keyboard, gitar, ataupun piano.

Jadi anda tidak perlu repot – repot menyediakan tuner khusus untuk menyetem biola. Selain cara tersebut terbilang simple, cara penyeteman manual ini juga akan mengasah feeling anda dalam mengenal nada setiap senar biola. Bagi anda yang mempunyai alat musik keyboard, tentunya saya akan memberikan pembelajaran bagaimana cara menyetem biola dengan alat musik keyboard, lewat gambar di bawah ini!

Cara Menyetem Biola Dengan Alat Musik Keyboard Lewat Gambar

Cara Menyetem Biola Dengan Alat Musik Keyboard Lewat Gambar
Cara Menyetem Biola Dengan Alat Musik Keyboard Lewat Gambar
Ket. Gambar: Lakukan penyeteman biola seperti gambar di atas, pastikan anda berhati – hati dalam memutarkan tuning peg, karena bagian tersebut mudah retak dan patah. Ikuti cara menyetem biola seperti gambar di atas, perhatikan arah dan pemutaran tuning peg.


 Itulah cara menyetem biola menggunakan alat musik keyboard, sehingga akan memudahkan anda dalam menyetel senar atau nada biola dengan baik dan benar. Namun, bagi anda yang tidak mempunyai keyboard, tidak perlu bersedih, karena cara seperti ini bisa dilakukan juga dengan gitar maupun alat musik lainnya. Anda hanya perlu mencocokan nada senar satu persatu sampai benar – benar mempunyai nada yang sama (nada senar biola dengan nada alat musik lainnya). Itulah teknik – teknik dari alat musik biola, tentunya masih banyak yang harus anda pelajari dari alat musik ini. Untuk menambah wawasan lebih jauh lagi, anda bisa terus mengikuti pembelajaran tentang berbagai alat musik lainnya. Dengan cara, mengikuti Fanspage Facebook anakmusik.com ini.

Baca juga: