search-button

Cara Menyetel (Stem) Senar Biola

   
Mungkin sebelum anda memulai belajar bermain alat musik biola, pasti anda bertanya – tanya bagaimana cara menyetel (stem) senar biola dengan cara mudah dan cepat. Sebelumnya saya telah memberi pembelajaran tentang Tips Merawat Biola Dengan Mudah dan Benar kepada anda, dan langkah selanjutnya saya akan memberi pembelajaran yang lainnya, yaitu: cara menyetem senar biola dengan baik dan benar.

Untuk memainkan biola, tentu saja anda harus menyesuaikan senar supaya berada pada tegangan yang tepat dan mempunyai nada seperti biola pada umumnya. Dengan begitu anda bisa dengan mudahnya memainkan dan memulai untuk belajar bermain alat musik biola. Untuk lebih jelasnya lagi tentang cara menyetel (stem) senar biola, anda bisa mengikuti pembelajaran di bawah ini:

Cara Menyetel (Stem) Senar Biola Dengan Baik Dan Benar

  1. Silahkan anda download software untuk menyetel (stem) senar biola “Violin Tuner”, karena software ini adalah sarana untuk penyesuaian bunyi atau nada senar pada biola anda. (Violin Tuner tersedia khusus PC/Laptop maupun Android Smartphone).
  2. Pastikan juga anda harus mengetahui kunci senar biola, seperti di bawah ini !
    Kunci Nada Biola
  3. Jika langkah 1 dan 2 telah dilakukan, maka langkah selanjutnya anda hanya perlu menyesuaikan suara bunyi nada dari software Tuner Violin, ke alat musik biola anda, dengan cara, klik satu persatu deretan senar G – D – A – E dan pastikan semua bunyi sama dengan biola anda, dengan begitu anda bisa mengetahui dan mengatasi suara senar biola yang bernada fals.
    Software Violin Tuner
Itulah salah satu cara menyetel (stem) senar biola dengan baik dan benar, sehingga anda akan mudah untuk memulai belajar bermain alat musik biola. Walaupun cara stem biola di atas sangat sederhana, tapi cara seperti itu mempunyai kualitas dan kemampuan yang standard untuk menghasilkan bunyi senar biola pada umumnya. Jadi anda tidak perlu khawatir dan jangan ragu untuk segera mempelajari cara menyetel (Stem) senar biola dengan baik dan benar, seperti di atas.
Baca Juga: