search-button

10 Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik

   
10 Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik – Seorang gitaris tentunya menginginkan gitar yang tetap bagus, dari kualitas maupun design gitar itu sendiri. Kebanyakan seorang gitaris mengabadikan gitar lama nya dan selalu mengutak – atik warna cat pada gitar tersebut. Namun perlu anda ketahui, bahwa cara memberi warna atau mengecat gitar itu diperlukan keahlian khusus, apalagi gitar akustik. Karena sedikit saja anda melakukan kesalahan dalam pengerjaan mewarnai gitar, maka akan berakibat buruk pada nada gitar anda. Dari kesimpulan tersebut, banyak orang yang selalu bertanya – tanya “Bagaimana Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik agar tetap rapih tetapi tidak merubah nada yang baik pada umumnya”. Dengan pertanyaan seperti itu, akhirnya saya akan berbagi pengalaman lewat anakmusik.com ini.
Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik
Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik

10 Cara Mengecat Gitar Listrik dan Gitar Akustik


  1. Terlebih dahulu anda harus sesuaikan warna yang akan anda berikan pada gitar listrik atau gitar akustik. Dengan cara menggambar pada satu lembar kertas ataupun membuat design di program – program PC maupun Laptop.
  2. Jika design telah selesai, persiapkan cat / pilox dengan alat perlengkapan lainnya, seperti kain lap, sarung tangan, ampelas dan masker.
  3. Bongkar atau cabut senar dan tuning peg.
  4. Lap terlebih dahulu gitar anda sampai benar – benar bersih, lalu gunakan amplas yang cukup kasar dan selanjutnya gunakan kembali amplas yang lembut. Pastikan gitar anda bersih dan rata tidak bergelombang.
  5. Jika semuanya sudah benar – benar bersih dan rata, selanjutnya lapiskan semua bagian gitar menggunakan dempul kayu khusus untuk gitar. Dempul ini berguna untuk mengisi permukan yang telah keropos atau berlubang, sehingga bisa menyatu dan rata kembali.
  6. Lakukan pengampalasan seperti sebelumnya (Ket. Nomor 3).
  7. Saatnya untuk memberi warna. Untuk gitar listrik sebaiknya gantungkan di permukaan yang jauh dengan tanah. (ujung bawah gitar sejajar dengan perut). Semprotkan pilox dengan jarak 50 cm. Semprotkan dengan rata ke setiap bagian atau sudut gitar yang akan anda warnai. Dan untuk gitar akustik bisa anda gunakan dengan cara sama seperti gitar listrik. Namun, pengecatan gitar akustik pada umumnya menggunakan cat yang bernama pernis (pernis khusus untuk gitar).
  8. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan dengan dua langkah pengecatan. Pengecatan pertama, keringkan, dan lanjut ke pengecatan kedua. Jika pewarnaan sudah selesai, sebaiknya simpan terlebih dahulu, jangan terburu – buru memasangkan senar dan tunings peg. Pastikan cat yang ada pada gitar benar – benar menempel dan kering (Minimal waktu 3 hari).
  9. Setelah 3 hari menunggu, kini saatnya memasangkan kembali senar dan tunings peg pada alat musik gitar anda.
  10. Selesai dan Warna kembali baru dengan nada yang baik tidak berubah seperti sebelumnya. (Good Luck).

Seperti itulah 10 cara mengecat gitar listrik dan gitar akustik, sehingga dengan cara tersebut tidak akan merusak dan merubah nada pada gitar sebelumnya. Manfaatkan bakat anda, selain anda bisa memainkan gitar, tentunya anda harus bisa menguasai cara mengatasi gitar saat mengalami kerusakan. Bisa mengecat gitar sendiri tentunya sangat menyenangkan, apalagi jika anda mempunyai hobi seni lukis yang bagus, mungkin bisa di tuangkan ke gitar anda sendiri. Selain bisa melukis dan memainkan gitar, mungkin saja anda bisa membuka pabrik pengecatan gitar listrik dan gitar akustik. Sehingga hobi anda bisa menjadi pekerjaan yang dapat menghasilkan uang yang sebanyak – banyaknya. Smile !!!

Baca juga: