search-button

Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Di Cool Edit Pro

   
Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Di Cool Edit Pro – Bagi seorang editing musik pemula, tentu saja akan kesulitan untuk memotong dan menggabungkan lagu – lagu mp3 menjadi satu. Terdapat software musik untuk editing file – file audio, diantaranya: audacity, virtual dj, adobe audition, audio editor master, mp3 cutter joiner, wavepad, stainberg cubase, nuendo soundforge, dan masih banyak juga software musik lainnya.

Namun setiap software tersebut mempunyai kelebihan masing – masing, selain bisa memotong dan menggabungkan beberapa audio menjadi satu file audio atau mp3, software musik ini bisa digunakan juga untuk memotong dan menggabungkan beberapa video menjadi satu. Sama halnya seperti audio. Untuk memudahkan anda agar mengetahui Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Di Cool Edit Pro, saya akan memberikan pembelajarannya di bawah ini!

Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Di Cool Edit Pro 2.0 / 2.1

  1. Siapkan Lagu mp3 atau Audio yang akan dipotong.
  2. Buka software Cool Edit Pro 2.0 / 2.1.
  3. Switch to Edit View (F12).
    Switch to Edit View (F12)
  4. File – Open dan pilih lagu yang akan dipotong – Open.
    File – Open dan pilih lagu yang akan dipotong – Open
  5. Pilih durasi waktu yang anda perlukan dari lagu tersebut, lalu delete. Seperti gambar di bawah ini.
    Pilih durasi waktu yang anda perlukan dari lagu tersebut
  6. Jika anda telah selesai memotong lagu tersebut, selanjutnya arahkan kembali ke Switch to Menu View (F12).
  7. Drag lagu yang telah anda potong ke papan clipboard.
    Drag lagu yang telah anda potong ke papan clipboard
  8. Buka lagi lagu yang kedua yang akan digabungkan dengan lagu pertama yang sudah anda potong tadi. Caranya sama seperti di atas.
  9. Simpan lagu kedua di papan clipboard yang berbeda, seperti gambar di bawah ini.
    Simpan lagu kedua di papan clipboard yang berbeda
  10. Jika sudah selesai, selanjutnya anda simpan file tersebut dengan cara: Klik File – Save Mixdown As, ganti nama dan type yang anda inginkan. Save dan Selesai.
    Klik File – Save Mixdown As, ganti nama dan type yang anda inginkan. Save dan Selesai
Sekarang lagu mp3 anda sudah terpotong dan tergabung dengan timing audio yang anda inginkan. Itulah Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Di Cool Edit Pro 2.0 / 2.1 yang bisa anda pelajari di PC/Laptop anda. Dengan cara ini anda bisa merubah setiap lagu menjadi pengiring dancer, membuat rekaman puisi dan berbagai manfaat lainnya lagi. Menurut saya, cara memotong dan menggabungkan lagu mp3 di cool edit pro ini terbilang sangat mudah dibandingkan dengan software lainnya, sangat cocok bagi anda seorang pemula yang baru mengenal software musik editing, salah satunya Cool Edit Pro 2.0 / 2.1. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang software dan berbagai pengetahuan musik lainnya, anda bisa terus mengikuti pembelajaran di anakmusik.com ini.

Baca juga: