search-button

Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4

   
Anakmusik.com – Saya akan memberi pembelajaran untuk membuat midi drum di software nuendo 3 maupun nuendo 4. Kedua software musik ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para editing, namun bagi seorang editing pemula yang belajar recording secara otodidak, tentunya akan lumayan sulit untuk memahami software musik ini. Saya akan memberi sedikit pengetahuan dari pengalaman yang saya alami, yaitu membuat midi drum di nuendo 4 dengan cara mudah dan praktis.

Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4


  1. Buka software Nuendo 4 terlebih dahulu, lalu pilih File – New Project (Ctrl + N) – Empty – Simpan File sesuai keinganan anda – Lalu Ok.
    1. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  2. Setelah layar nuendo 4 terbuka, selanjunya klik kanan pada bagian layar track yang masih kosong dan pilih “Add MIDI Track. Seperti gambar dibawah ini.
    2. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  3. Selanjutnya anda geser segitiga yang berada di sudut kiri atas. Tentukan berapa waktu drum akan berlajan, sebagai contoh saya akan membuat sampai 10 saja. Lalu pilih Object Selection dan double klik pada layar yang telah anda geser tadi. Secara bertahap anda bisa melihat gambar di bawah ini.
    3. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  4. Setelah itu buka VST Instrument dengan cara alternatif (F11) pada keyboard, maka akan muncul tampilan pilihan VST Instrument yang akan anda gunakan. Untuk membuat drum anda bisa memilih instrumen bawaan nuendo sendiri, yaitu Drums - LM7. Namun untuk yang satu ini saya akan menggunakan VST Drum yang bernama EZ Drummer. Jika telah masuk ke layar nuendo, selanjutnya pilih output ke VST Intrument yang baru saja anda pilih. Sebagai contoh bisa melihat gambar di bawah ini.
    4. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  5. Setelah langkah di atas selesai, selanjutnya pilih Gm map sebagai pembuatan drum anda. Lalu double klik pada layar yang telah anda gambar dan tampilan akan seperti gambar di bawah ini.
    5. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  6. Di atas toolbar terdapat object selection, erase, zoom, line, time warp, dan drumstick sebagai alat pembuat gambar drum anda. Sedangkan di bawa terdapat garis untuk mengatur tinggi rendahnya volume. Untuk lebih jelasnya lagi, bisa melihat gambar di bawah ini.
    6. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
  7. Jika pembuatan drum sudah selesai, anda bisa menyimpannya dengan format Wav atau mp3, dengan cara: File – Export – Audio Mixdown... beri nama, tentukan penyimpanan dan pilih format file sesuai keinginan anda, lalu Export.
    7. Cara Membuat Midi Drum Di Nuendo 4
Bagaimana? cara membuat midi drum di nuendo 4 itu sangat mudah bukan? Bagi anda seorang editing pemula yang ingin mendapatkan pembelajaran lebih jauh lagi tentang nuendo 4, bisa dengan terus mengikuti perkembangan website ini di fanspage facebook anakmusik.com.

Baca Juga: