search-button

Bermain Gitar Dengan Teknik Bending Up-Down

   
Bermain Gitar Dengan Teknik Bending Up-Down – Bending atau teknik bermain Up – Down sering digunakan pada aliran musik bergenre Rock dan Blues. Teknik Bending Up-Down ini dilakukan dengan satu jari dan satu kali petikan pada suatu fret. Teknik bending hampir sama juga dengan teknik slide, namun teknik bending ini dilakukan dengan cara menekan senar ke atas dengan satu jari pada satu fret, sehingga menghasilkan nada senar gitar yang semakin tinggi.

Dibawah ini saya akan memberi pembelajaran bagaimana cara belajar gitar dengan teknik bending atau up-down. Di awali dari belajar Vibrato, Single String Bending dan Double String Bending. Pembelajaran ini dilengkapi dengan gambar tab gitar yang sangat sederhana, sehingga memudahkan anda dalam mencermati belajar gitar dengan teknik bending atau up – down.

Bermain Gitar Dengan Teknik Bending Up-Down

  1. Apa itu Teknik Vibrato? Teknik Vibrato dalam bermain gitar adalah teknik menaik dan menurunkan senar gitar dengan cepat. Terdapat dua cara teknik Vibrato, yaitu: Horizontal dan Vertikal. Cara Horizontal adalah teknik dengan cara menggerakan sedikit jari secara mendatar melewati satu fret ke bagian fret lainnya. Pada umumnya seorang gitaris melakukan teknik ini setelah melakukan bending up – down pada gitar. Sedangkan teknik Vibrato Veritkal adalah teknik yang melakukan bending up – down dengan cara menaikan nada saat menggunakan instrument rendah. Teknik Vibrato Vertikal sebagai efek suara nada yang bertujuan untuk memaniskan suatu instrument. Alangkah baiknya anda gunakan kedua Teknik Vibrato ini dengan cara yang cepat dan tepat, sehingga akan menyatukan instrument dengan nada tambahan yang anda berikan. 
  2. Single String Bending. Posisikan jari pada fret ke 3 (Senar 2 Nada D). Petik senar dan biarkan jari anda tetap menekan bagian fret tersebut. Untuk menghasilkan bunyi nada yang anda inginkan, anda harus mengarahkan senar tersebut ke atas, sehingga nada tersebut akan semakin tinggi. Pertahankan agar posisi nada tidak turun kembali. Ketinggian nada bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. (b yang berarti Bending). Anda bisa mulai berlatih dari kenaikan 1/2 nada (menuju nada D# atau Eb dengan fret yang sama), 1 nada bahkan 1 1/2 nada.
    Single String Bending
    Single String Bending
  3. Double String Bending. Teknik Double String Bending dilakukan dengan satu kali petik dalam dua nada berbeda (secara bersamaan). Gitaris yang melakukan teknik ini adalah menggunakan senar ke – 2 dan ke – 3. Untuk menghasilkan nada yang semakin tinggi, anda harus memetik dan menekan senar ke atas secara bersamaan, lalu posisikan kedua jari anda berada pada fret ke – 3 (Senar 2 dan 3).
    Double String Bending
    Double String Bending
Itulah beberapa langkah mudah dalam Bermain Gitar Dengan Teknik Bending Up-Down. Anda bisa menggunakan teknik tersebut saat berada dalam panggung pentas musik, berlatih di studio musik maupun acara home recording.

Baca Juga: