search-button

Macam – Macam Aksesoris Perlengkapan Gitar Dan Kegunaanya

   
Jika anda seorang gitaris, tentu saja akan menarik jika membaca tentang macam – macam aksesoris perlengkapan gitar dan kegunaanya. Banyak yang jual atau membeli aksesoris gitar dengan harga termurah sampai yang termahal, mungkin tergantung selera individu masing – masing. Bahkan setiap toko alat musik menyediakan aksesoris gitar yang terbaik dan berkualitas. Dalam bermain alat musik gitar, tentu saja membutuhkan feeling atau perasaan tenang dan nyaman. Salah satunya yaitu dengan melengkapi gitar kita dengan berbagai perlengkapan aksesorisnya. Setiap aksesoris gitar, mempunyai kualitas dan kegunaan yang berbeda – beda. Dari mulai Case Gitar, Pick, Strap, Stand / Hanger Gitar, Sceeching Halt, Capo, String Winder, Slider, Tuner dan berbagai Aksesoris Gitar lainnya.

Untuk anda seorang gitaris pemula yang awam akan pengetahuan tentang gitar, saya akan memberi sedikit info yang berjudul “Macam – Macam Aksesoris Perlengkapan Gitar Dan Kegunaanya”. Sangat menarik jika anda menyimak penjelasan ini, dan berguna juga bagi anda sebagai ilmu pengetahuan tentang aksesoris – aksesoris alat musik gitar. Karena, jika anda tidak tahu mengenai macam – macam aksesoris perlengkapan gitar dan kegunannya, pasti pengetahuan musik anda seperti sayur tanpa garam. Itulah pribahasa yang selalu banyak orang katakan. Untuk itu silahkan anda lihat macam – macam aksesoris gitar yang tertera di bawah ini !

Inilah Macam – Macam Aksesoris Perlengkapan Gitar Dan Kegunaanya

  1. Case. Apa itu Case? Case adalah pelindung atau bisa juga disebut dengan tas (kantong) yang berbentuk gitar. Case sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu: HardCase dan SoftCase. HardCase pada umumnya terbuat dari bahan kayu dan plastik yang kuat dan tebal, sedangkan SoftCase terbuat dari bahan kain yang lumayan tebal dan kuat. Kisaran harga Case Rp. 500.000,–  sampai Rp. 1.000.000,– bahkan bisa lebih, tergantung merk dan kualitas Case. Sebagai contoh, anda bisa melihat gambar HardCase dan SoftCase di bawah ini !
    Hardcase dan Sofcase Case Aksesoris Gitar
  2. Pick. Apa itu Pick? Pick adalah alat bantu yang berguna untuk menggantikan bagian jari (kuku) saat memainkan alat musik gitar. Sehingga tangan anda bisa tetap bersih terawat dan suara gitar menjadi bersih dan jernih. Pick gitar pada umumnya berbentuk segita dan setiap ujung mempunyai bentuk yang tumpul. Kisaran harga Pick gitar antara Rp. 5.000,– sampai Rp. 20.000,–.  Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh gambar Pick gitar di bawah ini !
    Pick Aksesoris Gitar
  3. Strap. Apa itu Strap? Strap adalah selendang yang di pasangkan secara berlawanan (dari ujung body gitar ke ujung body gitar laiinya). Sehingga memudahkan anda saat berdiri memainkan alat musik gitar. Harga Strap gitar berkisar Rp. 100.000,– sampai 200.000,–. Untuk mengetahui bentuk strap gitar, anda bisa melihat contoh gambar di bawah ini !
    Strap Aksesoris Gitar
  4. Stand dan Hanger Gitar. Apa itu Stand dan Hanger Gitar? Stand Gitar adalah tempat dimana kita akan meletakan gitar saat sudah dimainkan. Stand Gitar memposisikan gitar kita untuk berdiri, dan ada juga jenis Hanger Gitar yang berguna untuk meletakan gitar kita di dinding. Harga Stand dan Hanger Gitar berkisar antara Rp.50.000,– sampai Rp. 300.000,–. Berikut contoh gambar Stand dan Hanger Gitar.
    Stand dan Hanger Aksesoris Gitar
  5. Screeching Halt. Apa itu Screeching Halt? Screeching Halt adalah aksesoris gitar yang berguna untuk meningkatkan suara pada gitar akustik, bahkan aksesoris yang satu ini mempunyai kelebihan untuk menghilangkan feedback pada suara gitar anda. dengan cara, masukan Sceeching Halt ke bagian ornamen lubang suara gitar anda. Sedangkan untuk Harga Screeching Halt berkisar Rp. 100.000,– sampai Rp. 200.000,–. Anda bisa melihat contoh gambar Screeching Halt, di bawah ini!
    Screeching Halt Aksesoris Gitar
  6. Capo. Apa itu Capo? Capo adalah bagian yang di pasangkan pada ujung leher Fret gitar anda. Pada umumnya Capo Gitar terbuat dari bahan plastik dan besi. Sedangkan capo sendiri berguna untuk menjepit senar yang meningkatkan nada – nada tinggi dari gitar yang akan dimainkan. Harga Capo Gitar berkisar antara Rp.50.000,– sampai 150.000,–. Anda bisa melihat contoh gambar Capo Gitar, di bawah ini !
    Capo Aksesoris Gitar
  7. String Winder. Apa itu String Winder? Aksesoris gitar ini berguna untuk memudahkan saat anda ingin mengganti senar yang sudah rusak. Cara penggunaanya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan String Winder pada bagian tuning peg, lalu memutarkannya. Harga dari String Winder, berkisar antara Rp. 50.000,– sampai Rp. 100.000,–. Berikut contoh gambarnya. 
    String WInder Aksesoris Gitar
  8. Slide. Apa itu Slide? Slide ini berguna untuk gitar yang menyukai lagu – lagu bergenre country dan blues. Cara penggunaanya pun tidaklah rumit, hanya memasukan aksesoris Slide ke jari kelingking atau manis dan mulai memainkan gitar dengan teknik slider. Harga Slide untuk gitar ini bisa dibilang murah, berkisar Rp.20.000,– sampai Rp. 50.000,–. Berikut contoh gambar slide gitar.
    Slide Aksesoris Gitar
  9. Tuner. Apa itu Tuner? Aksesoris gitar ini mempunyai berbagai jenis, yaitu: Portable, Tuner Klip, dan Headstock. Tuner ini berguna untuk memudahkan anda dalam menyetem atau menyetel gitar yang bernada fals. Bahkan anda bisa mengatur nada dan picth gitar sesuai keinginan anda sendiri. Harga Tuner berkisar 50.000,– sampai 200.000,–. Anda bisa melihat contoh Tuner Gitar di bawah ini!
    Tuner Aksesoris Gitar
Itulah macam – macam aksesoris perlengkapan gitar dan kegunaanya yang akan berguna bagi anda sebagai penambah wawasan tentang aksesoris gitar. Kumpulan Aksesoris gitar tersebut mempunyai kualitas yang berbeda – beda, tergantung tipe atau merk aksesoris yang anda gunakan. Sedangkan untuk harga aksesoris gitar di atas, anda bisa langsung datang ke toko alat musik terdekat di kota anda, karena setiap aksesoris gitar tersebut terkadang berbeda – beda.

Baca juga: