search-button

Tips Khusus Merawat Gitar Bass Dengan Baik dan Benar

   
Bagi anda penggemar gitar bass, tentunya akan menyayangi gitar bass anda sepenuh hati. Namun, apakah anda tahu cara merawat gitar bass dengan baik dan benar? Jika anda belum mengetahuinya, maka saya akan memberikan pembelajaran cara merawat gitar bass supaya dalam kondisi terbaik dan mempunyai suara yang berkualitas pada umumnya. Dalam merawat gitar bass, anda harus benar – benar hati – hati dalam perawatannya. Diperlukan tahap demi tahap untuk melakukan perawatan bass yang terbaik, di antaranya:

Tips Khusus Merawat Gitar Bass Dengan Baik dan Benar

  1. Membersihkan Papan Frett. Terlebih dahulu kendurkan atau lepaskan setiap senar gitar bass anda, bersihkan papan frett dengan lap, namun sedikit menggunakan minyak khusus untuk gitar, atau bisa juga menggunakan minyak kayu putih. Pastikan setiap papan frett bersih, dari samping maupun atas. Lakukan seperti itu dalam waktu seminggu sekali, sehingga akan mencegah korosi pada papan frett gitar bass anda.
  2. Cek Wiring Pickup. Kebanyakan bagian ini jarang tersentuh dan jarang orang yang mengetahui kerusakan pada bagian ini. Untuk itu saya sarankan agar anda selalu memperhatikan wiring pickup ini. Sebagian kerusakan yang terjadi pada wiring pickup adalah putusnya bagian kabel yang terkelupas tanpa diketahui. Untuk itu jika kabel terputus dan terkelupas, anda bisa memperbaikinya dengan cara menyolder kembali ke posisi semula.
  3. Mengatur Bridge. Untuk menghasilkan suara yang tidak fals pada gitar bass, anda harus merawat tuning bridge dengan baik dan benar, dengan contoh: Senar G (dalam keadaan tidak di tekan) lalu tekan frett 12. Lihat pada tuner. Jika jarum menunjukan 440 (tengah), maka itu berkualitas baik. Namun jika jarum bergeser dan berkurang atau lebih dari 440. Itu menunjukan kurang baik dan mengakibatkan fals pada senar gitar bass anda. Untuk mengatasi kerusakan tersebut, anda bisa melakukan perbaikan dengan cara: menggeser bagian bridge ke depan atau belakang sambil melihat jarum tuner. Posisikan jarum tuner tersebut dalam posisi 440 (tengah).
  4. Bersihkan Body Gitar Bass. Jika kualitas suara bass sudah bagus, tentunya anda juga menginginkan tampilan yang sangat bagus. Untuk itu lakukan pembersihan pada bagian bidy gitar bass anda dengan cara: memakai sedikit lap basah, lalu menggunakan minyak khusus pembersih gitar, dan lakukan pembersihan kedua menggunakan lap kering.
Merawat Gitar Bass
Itulah sedikit tips khusus cara merawat gitar bass dengan baik dan benar. Anda bisa melakukannya pada gitar bass kesayang anda sendiri. Lakukan perawatan dengan cara di atas, dan gunakan waktu perawatan yang efektif. Jika kualitas gitar bass anda sudah baik, maka selanjutnya anda akan tertuju pada permainan gitar bass yang sangat mengagumkan. Untuk itu segeralah anda berlatih mengetahui berbagai pengetahuan dari gitar bass, salah satunya cara merawat gitar bass ini. Namun jika anda belum menguasi pembelajaran gitar bass sepenuhnya, anda bisa mengikuti pembelajaran berikut ini: “Belajar Bermain Bass Bagi Pemula”. Terima kasih, semoga bermanfaat.