search-button

Teknik Dasar Bermain Saxophone Yang Benar

   
Untuk pemula yang ingin belajar saxophone secara otodidak, tentunya anda ingin mengetahui teknik dasar cara bermain Saxophone yang benar, namun perlu anda ketahui, alat musik Saxophone merupakan jenis yang tergolong kedalam keluarga woodqind, yang pada umumnya terbuat dari bahan logam dan dimainkan dengan cara ditiup menggunakan single reed. Alat musik saxophone ini ditemukan oleh seorang pemain clarinet dan pembuat musik yang bernama Adolphe Sax, pada tahun 1840 di Belgia.

Alat musik saxophone pada umumya terpopuler dalam genre musik Jazz, disini terdapat beberapa pemain saxophone terhandal dan termasuk juga pemain saxophone internasional, yaitu: Dave Koz, Kenny G, Richard Elliot, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan Kenny Garret. Untuk pemain saxophone pemula tentunya ingin seperti mereka bukan? Jadi, bagi anda pemula yang belajar saxophone secara otodidak bisa menyimak pembelajaran tentang teknik dasar cara bermain saxophone yang benar di bawah ini.

Teknik Dasar Bermain Saxophone Yang Benar

  1. Teknik Memegang Saxophone. Posisi tangan dalam memegang saxophone harus benar – benar berada pada posisi yang tepat, agar anda dapat lebih leluasa menjangkau kunci nada saat dimainkan. Posisi jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis, baik tangan kiri ataupun tangan kanan harus tepat berada pada bagian permukaan katup nada.
  2. Pernapasan Saxophone Yang Baik. Seperti dalam pembelajaran sebelumnya, saya mengingatkan bahwa pernapasan yang baik itu menggunakan diafragmatis. Hal ini dikarenakan volume udara yang dihasilkan dapat lebih besar dan kuat dibandingkan dengan cara pernapasan paru – paru.
  3. Posisi Bermain Saxophone. Tidak ada larangan dalam posisi bermain saxophone, tapi usahakan anda tidak terlalu tegang dan bersikap santai saat bermain alat musik saxophone.
  4. Teknik Embosur Saxophone. Embosur adalah teknik mengatur posisi bibir dan gigi pada mouthpiece, dan untuk embosur yang baik, pada umumnya meletakkan gigi atas pada bagian atas dari mouthpiece.
  5. Teknik Peniupan Saxophone. Selain menggunakan teknik embosur yang baik, untuk menghasilkan suara yang indah dibutuhkan juga tenaga yang kuat dalam meniup saxophone yang diartikan dengan “meniup dengan udara panas.”
Teknik Bermain Saxophone
Itulah 5 teknik dasar cara bermain saxophone yang benar, dan mudah untuk dapat anda pahami. Banyak orang belajar bermain saxophone secara otodidak, namun hasil yang mereka dapatkan tidak beda jauh dengan pemain saxophone yang benar – benar belajar ke ahli saxophone atau tempat belajar musik. Hanya saja teori dan pengalaman yang sangat minim di dapat bagi pemain saxophone pemula yang belajar secara otodidak. Tapi, tenang walaupun begitu, saya akan selalu memberi pembelajaran tentang alat musik saxophone ini, dan semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin lebih jelas lagi mengenai pembelajaran saxophone, anda bisa juga menyimak pembelajaran sebelumnya, yaitu Belajar Bermain Saxophone Secara Otodidak.