search-button

Teknik Belajar Bermain Drum Secara Otodidak Bagi Pemula

   
Teknik Belajar Bermain Drum Secara Otodidak Bagi Pemula – Bagi anda yang sedang belajar bermain drum secara otodidak, bisa mengikuti pembelajaran teknik bermain drum yang benar dan mudah di bawah ini, khususnya bagi para pemula. Sebelum kita memulai pembelajaran yang lebih jauh lagi, alangkah baiknya anda mengenal bagian – bagian yang terdapat pada drum set terlebih dahulu, sehingga akan memudahkan anda untuk mengetahui fungsi dari bagian – bagian yang terdapat pada drum tersebut. Namun jika anda telah mengetahui tentang itu, anda bisa langsung menyimak tentang teknik belajar bermain drum secara otodidak bagi pemula di bawah ini !

Teknik Belajar Bermain Drum Secara Otodidak Bagi Pemula

Teknik Memegang Stick dan Menginjak Pedal. Untuk menghasilkan suara drum yang berkualitas, tentu saja anda harus memperhatikan cara memegang stick dan cara menginjak pedal yang benar pada umumnya. Karena, sedikit saja anda melakukan kesalahan dalam memegang stick dan menginjak pedal, maka akan mengakibatkan kelemahan pada permainan drum anda.

Teknik Memegang Stick (Sticking/Griping). Teknik dalam memegang stick drum terbagi dua, yaitu traditional grip dan match grip.  Teknik matched grip memiiki dua buah posisi memegang stick, yaitu close hand dan open hand.

Teknik Menginjak Pedal. Pada awalnya ada dua jenis, yaitu heel up dan heel down. Namun akhirnya kedua teknik tersebut berkembang menjadi teknik yang lebih bervariasi.
Belajar Bermain Drum
Teknik Pukul. Teknik memukul merupakan salah satu bagian penting dalam bermain drum. Teknik memukul berhubugan dengan kenyamanan dan karakter suara yang dihasilkan saat bermain drum. Teknik memukul pada drumer memiliki banyak model, sebagai contoh teknik memukul untuk hit – hat dan snare yang bisa dibedakan. Dalam bermain drum, suara yang dihasilkan oleh snare dan bass drum lebih dominan dibandingkan suara bagian lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan teknik yang benar dalam memukul bagian tersebut. Untuk latihan dasar bermain drum, maka yang bisa diterapkan adalah porsi power dalam memukul tiga bagian yaitu bass, snare dan hit – hat. Porsi power yang harus dikeluarkan yaitu:
  • Suara Bass : 45%
  • Suara Snare : 35%
  • Suara Hit-hat : 20%

Dengan kata lain suara yang dihasilkan oleh bass drum harus lebih keras dari suara snare, dan suara hit – hat tidak lebih keras dari suara snare.  Dalam memukul snare dikenal beberapa teknik pukul, yaitu Full stroke, Up Stroke, Down Stroke, dan Tap Stroke.

Itulah beberapa teknik belajar bermain drum secara otodidak bagi pemula, sehingga anda akan lebih mudah lagi untuk memahami pembelajaran selanjutnya. Untuk lebih jelasnya lagi, nanti saya akan menguraikan pembelajaran yang lebih lengkap tentang alat musik drum ini, namun sebaiknya anda memahami cara belajar membaca notasi musik pada drum terlebih dahulu. Setelah itu saya akan terus memberi pembelajaran yang benar dan mudah untuk anda cermati, khususnya pembelajaran alat musik drum.

Baca juga: