search-button

Tips Merawat Harmonika Dengan Baik dan Benar

   
Untuk  mengetahui cara merawat harmonika, anda bisa mengikuti tahap-tahap di bawah ini. Saya akan memberi tips - tips tentang cara merawat harmonika yang baik dan benar. Jika harmonika anda ingin selalu dalam keadaan yang bersih dan bersuara jernih, maka anda harus benar-benar menjaga dan merawatnya. Karena alat musik harmonika ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, berbeda dengan alat musik lainnya, sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya.

Untuk merawat harmonika dengan baik dan benar, yang harus anda perhatikan adalah bagian strip tipis yang pada umumnya terbuat dari bahan logam, karena strip inilah yang sangat berpengaruh pada suara yang dikeluarkan oleh alat musik harmonika. Dengan perwatan yang benar, maka harmonika anda akan selalu dalam kondisi terbaik dan menghasilkan suara yang jernih pada umumnya.

Tips Merawat Harmonika Dengan Baik dan Benar

Merawat Harmonika
  1. Usahakan tangan dan bibir anda dalam keadaan bersih saat akan bermain harmonika.
  2. Saat akan bermain harmonika, sebaiknya anda jangan meminum minuman yang lengket, yang nantinya akan menyebabkan kaku pada bagian bibir anda.
  3. Simpan harmonika pada tempat yang bersih atau simpan pada case (kotak harmonika) supaya aman dari debu dan tetap terjaga.
  4. Usahakan dalam waktu satu minggu sekali membuka bagian dalam harmonika, dengan cara: membuka baud pada bagian harmonika menggunakan obeng, lalu bersihkan debu yang menempel pada bagian reed harmonika. Gunakan pembersihan dengan tisu basah, lalu gunakan tisu kering sebagai pengering sisa – sisa tisu basah sebelumnya.
  5. Jika sudah benar – benar bersih, selanjutnya anda rapatkan kembali baud yang telah anda buka dengan obeng, sehingga akan terlihat rapih, bersih dan seperti baru kembali. Begitu juga dengan suaranya, akan tetap jernih.

Hanya dengan cara sederhana seperti di ataslah, anda bisa menjaga kualitas harmonika dengan sangat baik dan benar. Begitu juga dengan bahan atau alat yang diperlukan, anda tidak perlu repot – repot membawanya ke tempat service harmonika, karena dengan merawat harmonika seperti di atas saja, anda bisa merawat harmonika dengan baik dan benar. Jika anda telah mengetahui cara merawat harmonika dengan benar, maka anda harus memperhatikan juga bagaimana Cara Mudah Belajar Harmonika Untuk Para Pemula.

Baca juga: