search-button

Tips Merawat Gitar Dengan Benar

   
Beberapa cara merawat gitar akan saya rangkum dalam thema “Tips Merawat Gitar Dengan Benar”. Disini terdapat cara merawat gitar akustik, cara merawat gitar elektrik / gitar listrik, dan cara merawar gitar bass. Disertai dengan cara pembelajaran yang sangat ringan, cocok untuk anda simak. Untuk menginginkan kualitas suara gitar dalam performa terbaik, tentunya anda harus benar – benar menjaga kualitas gitar dengan baik, salah satunya yaitu dengan merawat gitar dengan benar.

Untuk menjaga kualitas suara gitar, anda perlu merawat setiap bagian – bagian yang terdapat pada gitar, karena sedikit saja kerusakan pada satu bagian gitar, akan mengakibatkan kerusakan yang tambah parah pada bagian gitar lainnya. Untuk perawatannya pun tidak sembarang, anda harus berhati – hati dalam mengatasi kerusakan yang di alami oleh gitar. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan anda simak cara merawat gitar dengan benar di bawah ini !

Tips Merawat Gitar Dengan Benar

  1. Memiliki Case. Untuk menjaga kerusakan pada body, sebaiknya anda menggunakan case (tas gitar) sebagai pelindung saat anda bepergian membawa gitar. Terdapat dua jenis case yang disebut dengan Hardcase dan Softcase. Hardcase pada umumnya terbuat dari bahan kayu dan plastik, sedangkan Softcase terbuat dari bahan kain atau jahitan yang tebal.
  2. Senar Gitar Harus Selalu Bersih. Biasakan anda membersihkan debu pada bagian senar gitar, usahakan agar senar dalam keadaan baik dan bersih. Ini sangat berguna bagi kualitas suara gitar anda, terutama saat anda melakukan teknik petikan gitar, perbedaan suara akan terdengar jelas saat senar bersih dan senar kotor atau penuh debu. Anda bisa melakukan pembersihan senar dengan cara khusus menggunakan lap dan (string cleaner), minyak pembersih senar yang bisa anda dapatkan di toko – toko musik terdekat di kota anda. Bisa juga dengan menggunakan minyak alternatife lain yaitu baby oil atau minyak telon bayi dan minyak kayu putih.
  3. Kendorkan Senar Gitar. Jika anda berniat untuk menyimpan gitar dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kendorkan senar gitar terlebih dahulu. Ini adalah salah satu cara merawat gitar agar kualitas selalu dalam kondisi terbaik. Saat gitar di simpan dalam waktu yang lama, usahakan senar gitar dalam keadaan kendor, karena akan mengakibatkan kerusakan atau pembengkokan pada neck atau bagian leher gitar anda.
  4. Meletakan Gitar Yang Benar. Untuk menjaga kerusakan pada body saat gitar tidak di mainkan, sebaiknya jangan menaruh gitar pada posisi yang salah atau dibiarkan dalam keadaan tertidur di lantai. Misalnya menyimpan dengan cara menyandarkan gitar pada tembok, menggantungkan gitar pada dinding tembok atau menyimpan gitar terbaring di lantai, kasur dan tempat laiinya. Usahakan menyimpan gitar pada Stand khusus gitar, yang dapat anda beli di toko – toko musik terdekat. Karena dengan Stand (tiang penyimpan gitar), gitar anda akan merasa nyaman dalam posisi yang benar. Pastikan juga menyimpan Stand pada keadaan bersih, jauhkan dengan hal – hal yang penuh debu.
  5. Menjaga Kualitas Bagian – bagian Gitar. Selain kualitas suara gitar anda bagus, anda juga harus memperhatikan bagian body pada gitar anda. “Mana mungkin suara gitar bagus kalau body gitar nya saja berantakan.” Jadi, kualitas suara juga bisa terdapat dari bagian body gitar anda. Sedikit saja mengalami keretakan pada body gitar anda, maka akan terjadi kebocoran suara yang mengakibatkan bunyi suara gitar menurun dari performa terbaiknya. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan anda lihat bagian – bagian yang terdapat pada gitar, yang akan memudahkan anda untuk selalu membersihkan pada bagian – bagian gitar tersebut..
  6. Mengganti Senar Secara Rutin. Gunakan senar dalam kondisi baik dan bersih, yang berarti keadaan senar harus selalu bersih. Jika senar anda sudah berkarat, maka segeralah anda menggantinya dengan senar yang baru. Karena sedikit saja karat pada salah satu senar yang sedang anda gunakan, maka akan mengakibatkan suara yang tidak karuan atau tidak menghasilkan suara seperti pada umumnya. Tidak hanya itu, pengaruh dari senar berkarat akan mengakibatkan juga kerusakan pada bagian fret gitar anda. Kalau perlu, usahakan selalu mengganti senar dengan satu set, jangan separuh – separuh. Karena perbedaan suara terlihat jelas saat salah satu senar diganti dengan yang baru.
Merawat Gitar 
Itulah beberapa tips cara merawat gitar dengan baik dan benar. Semoga anda bisa memahami apa yang sudah saya sampaikan, terutama dalam menjaga kualitas suara gitar anda. Tips Merawat Gitar Dengan Benar ini selalu saya lakukan pada gitar saya, dan hasilnya sampai sekarang ini gitar saya dalam keadaan bersih, terawat dan tetap berkualitas baik seperti dalam keadaan baru. Menjaga dan merawat gitar itu sangatlah menyenangkan, jadikan perawatan gitar seperti hal nya anda sedang memainkan gitarnya.

Baca Juga: