search-button

Cara Memetik Gitar Yang Benar Untuk Pemula

   
Untuk belajar memetik gitar mungkin akan terasa sulit bagi pemula, namun saya akan memberi pembelajaran secara mudah tentang cara memetik gitar yang benar untuk pemula. Dalam pembelajaran ini, saya memberi penjelasan yang sangat singkat dan jelas, bahwa cara memetik gitar yang benar untuk pemula itu bisa dilakukan secara otodidak. Jika anda benar – benar ingin menjadi seorang gitaris, harusnya memahami teknik – teknik gitar terlebih dahulu, seperti hal nya cara petikan gitar yang baik dan benar di bawah ini.

Cara memetik gitar yang benar untuk pemula membutuhkan konsentrasi dan waktu latihan yang sangat efektif, jangan berlatih hanya dalam keadaan terburu – buru. Pastikan juga keadaan anda dalam santai, sehat dan saat pikiran jernih. Namun, alangkah baiknya anda mengatur sesi jadwal latihan gitar anda setiap hari. Misalkan, 2 jam sekali dalam sehari ataupun dua kali 1 jam dalam sehari, sesuai kebutuhan waktu yang anda inginkan, asalkan teratur. Untuk pemula yang ingin mengetahui cara memetik gitar yang benar dan mudah, bisa melihat pembelajaran di bawah ini !

Cara Memetik Gitar Yang Benar Untuk Pemula

Cara Memetik Gitar
  1. Lakukan Petikan Gitar Dengan 2 Jari. Lakukan terlebih dahulu ibu jari sebagai bass dan jari tengah serta jari kelingking sebagai petikan melodi. Lakukan itu secara terus – menerus, dan jika anda benar – benar telah menguasai kedua jari tersebut maka anda harus mulai ke tahap berikutnya, yaitu menggunakan jari kelingking dan jari manis. 
  2. Penempatan Jari. Untuk permainan memetik gitar yang benar, anda harus benar – benar menempatkan posisi yang baik dalam memetik gitar. Karena, jika anda salah dalam penempatan posisi jari maka akan mengakibatkan kaku pada permainan gitar anda. Penempatan jari yang benar adalah Ibu jari sebagai bass pada senar 6, 5 dan 4. Sedangkan untuk melodi, menggunakan jari tengah, jari kelingking dan jari manis, pada bagian senar ke 1, 2 dan 3.
  3. Penerapan Pada Chord / Kunci Gitar. Untuk lebih mudah memahami dan menguasi teknik petikan gitar, sebagiknya anda menggunakan Chord / Kunci Gitar dasar diantaranya: C, Am, Fm, G. Jika anda telah menguasai teknik petikan kunci dasar, maka selanjutnya anda memulai tahap Chord / Kunci Gitar yang lebih sulit lagi, misalkan E, F#m, C#m, B dan yang lainnya.
  4. Terapkan Pada Lagu. Mulailah belajar memetik gitar dengan lagu – lagu yang berkunci dasar seperti di atas. Misalkan belajar dengan judul lagu Melly Goeslaw – Bunda, Peterpan – Semua Tentang Kita dan yang lainnya, asalkan seperti keterangan kunci Chord / Kunci Gitar Dasar di atas.

Itulah beberapa pembelajaran cara memetik gitar yang benar dan mudah untuk anda pelajari. Langkah selanjutnya adalah membuat waktu sesi latihan petikan gitar dengan secara teratur. Jadi, anda bisa menguasi teknik cara memetik gitar yang benar dan mudah khususnya pemula yang sedang belajar memetik gitar secara otodidak. Dengan mengetahui cara memetik gitar yang benar untuk pemula, maka anda mudah berbagai kepada pemain gitar pemula lainnya.

Baca juga: