search-button

Cara Membuat Lagu di Laptop atau Komputer

   
Untuk membuat lagu di laptop atau komputer tentunya membutuhkan persiapan dan bahan – bahan yang akan digunakan. Seperti hal nya spesifikasi komputer atau laptop, sound card yang baik untuk merekam lagu, atau software musik yang baik untuk membuat lagu dan masih banyak lagi yang harus anda pelajari sebelumnya. Jika anda telah mengetahui berbagai alat tempur yang harus digunakan dalam membuat lagu di latpop maupun komputer, anda bisa secara langsung mendapat pembelajaran yang lebih details lagi. Namun untuk pemula yang baru mengenal dunia musik lewat recording, anda bisa membaca penjelasan cara membuat lagu di laptop atau komputer terlebih dahulu, dengan cara menyimak di bawah ini.

Cara Membuat Lagu di Laptop atau Komputer

Persiapan, Bahan, Alat Tempur Untuk Merekam Lagu

Begitu banyak cara untuk membuat lagu di laptop maupun komputer. Dengan software, peralatan musik, dan berbagai perlengkapan laiinya. Lalu apalagi komponen – komponen yang harus digunakan untuk merekam lagu?. Untuk menghasilkan suara rekaman yang bagus dan berkualitas, anda perlu memperhatikan komponen – komponen yang berada pada laptop maupun komputer, diantaranya: Processor, Ram, Harddisk dan sound card.
Recording Membuat Lagu di Laptop atau komputer
  1. Sound Card. Elemen yang harus anda perhatikan adalah sound card, karena sound card merupakan hal yang paling penting dan menentukan dalam menghasilkan kualitas suara yang bagus. Sound card sendiri bisa disebut juga dengan audio converter dan terbagi dengan beberapa bentuk, yaitu: Onboard, PCI, USB dan Fireware. Untuk pemilihan sound card yang bagus dalam cara membuat lagu di laptop atau komputer, sebaiknya menggunakan sound card yang mempunyai sample rate dan resolusi yang baik, seperti 16bit/ 44.1KHz, 24bit/ 96KHz, 24bit/ 192KHz dan lain – lain. Semakin resolusi tinggi, maka semakin bagus juga kulalitas suara yang dihasilkan. Untuk output dan inputnya, anda bisa memilih tergantung kebutuhan instrumen anda. Selain itu, Sound card ini juga mempunyai fasilitas seperti, Digiltal I/O S/PDIF, AES-EBU, MIDI dan sebagainya. Untuk pengoptimalan suara, tentunya software musik memerlukan driver sound card tertentu, sesuai kebutuhan software musiknya tersebut. Beberapa macam driver sound card tersebut yaitu: ASIO (Tracktion, Cubase, Nuendo, Logic, Guitar Rig dan lain – lain), MME (Cooledit, Cakewalk, Cegas, Winamp, dan lain – lain), WDM (Sonar, Power DVD, dan lain – lain), GSIF (Gigastudio 2.42 atau versi di atasnya). ASIO merupakan driver yang paling banyak digunakan pada umumnya, karena driver ini mempunyai kualitas yang cocok pada sound card dan software musik yang terpupuler masa kini.
  2. Komputer. Persiapkan 1 unit CPU dengan spesifikasi minimal Pentium III atau AMD Duron 1,2GHz, Ram 256 MB, Harddisk dan CDRW. Mungkin spesifikasi di atas hanya termasuk standard pada umumnya. Setiap software mempunyai kualitas yang berbeda – beda, begitu juga dengan Spesifikasi CPU atau Komputer anda. Semakin besar spesifikasi yang kita punya, semakin baik juga hasil yang akan kita dapatkan.
  3. Microphone. Microphone digunakan untuk merekam vokal maupun instrument yang menggunakan teknik mixing (teknik mixing ini disebut dengan teknik todong) dengan contoh: Mixing speaker, ampliefer gitar akustik, bass dan berbagai jenis musik lainnya. Untuk sound card onboard, biasanya sudah tersedia dengan fasilitas mic input.
  4. Software. Softare untuk merekam musik terbagi dengan dua jenis, yaitu software original edition (Multitracking) dan software pirated edition (Mastering). Multitracking adalah salah satu program musik yang dapat merekam dan menjalankan beberapa track sekaligus maupun secara satu – persatu (Overdub). Dengan begitu anda akan tertuju pada pengolahan mixing dan penambahan berbagai effect lainnya. Beberapa software yang mempunyai jenis seperti ini ialah Nuendo, Cool Edit, Cubase, Cakewalk, Tracktion dan masih banyak juga yang lainnya. Sedangkan kelebihan dari software mastering, dapat digunakan untuk membuat proses hasil mixing stereo (2 track L/R). Sehingga lagu atau musik yang anda ciptakan, terdengan lebih bagus dan memiliki suara yang layak untuk dipublikasikan. Beberapa contoh software mastering, yaitu: Sound Forge dan WaveLab. Sedangkan untuk freeware nya bisa menggunakan Wavosour, Soundengine dan lain – lain.
  5. Preamp. Preamp digunakan untuk memperkuat sinyal yang datang dari microphone maupun instrument. Untuk Alat musik gitar listrik maupun gitar bass direkam secara satu – persatu, karena instrument tersebut memiliki impendanasi yang tidak sesuai pada sound card dan tidak bisa direkam secara langsung atau bersamaan (direct). Untuk cara mendapatkan sinyal yang baik pada preamp anda bisa melakukan dengan cara (masukan output gitar ke input preamp, lalu output preamp ke input sound card). Anda juga bisa menggunakan mixer dan DI Box sebagai pengganti preamp.
  6. Speaker. Speaker digunakan untuk mendengar proses dan hasil rekaman. Untuk monitor speaker yang baik, anda perlu menggunakan speaker yang khusus di design untuk keperluan rekaman dan memiliki karakter yang relatif flat. Untuk contoh speaker anda bisa menggunakan (ESI, M – Audio, Genelec dan sebagainya). Perbedaan dengan speaker, biasanya mempunyai respon frekuensi rata – rata 50 Hz – 20 Khz. Menggunakan speaker biasa, pada umumnya melebih – lebihkan frekuensi tertentu, sehingga mengakibatkan hasil suara terkesan lebih bagus dari suara aslinya. Jadi, jika speaker tersebut mempunyai hasil suara yang baik, belum tentu terdengar baik pula pada speaker yang laiinya.
  7. Headphone. Headphone digunakan saat merekam vokal maupun intrument lainnya yang menggunakan teknik secara mixing. Sehingga bunyi yang di dengar dapat terdengar jelas saat proses rekaman itu berlanjut. Selain itu juga, sangat bermanfaat bagi anda dalam pengolahan mixing, seperti hal nya mendengar nafas vokal dengan jelas, desisan vokal dan sebagainya. Sehingga anda akan mudah untuk menjangkau kesalahan dan melakukan pengeditan yang optimal.
  8. Kabel Jack. Untuk kabel jack, sebaiknya anda menggunakan kabel yang bersih dan tidak berkarat, sehingga akan menghasilkan suara yang jernih dan tidak noise pada souncard.

Bagaimana? Sudah jelaskan informasi yang saya berikan? Dan untuk permulaan sebagai cara membuat lagu di laptop atau komputer anda bisa mempelajari salah satu pembelajaran dengan membaca Tutorial FL Studio (Fruity Loops) Untuk Pemula. Sehingga sedikit  demi sedikit anda akan mengerti tentang cara – cara dan penggunaan yang terdapat pada program – program musik tersebut. Sehingga akan mudah bagi anda untuk mengetahui pembelajaran cara membuat lagu di laptop atau komputer dengan baik dan benar. Untuk informasi lebih lanjut lagi, anda bisa terus mengikuti pembelajaran dan pengetahuan berbagai dunia musik di anakmusik.com ini.