search-button

Tips Belajar Gitar Fingerstyle Secara Otodidak Bagi Pemula

   
Tips Belajar Gitar Fingerstyle Secara Otodidak Bagi Pemula - Pasti bangga bisa bermain gitar bergaya fingerstyle, apalagi seorang gitaris pemula. Setiap orang yang bisa bermain gitar, tentunya selalu ingin belajar gitar ala fingerstyle, walaupun itu secara otodidak. Untuk belajar fingerstyle tentunya tidak terlalu sulit, anda hanya perlu fokus dan melatih permainan gitar anda secara terus – menerus dalam waktu yang efektif. Semakin anda menguasai gitar yang anda mainkan, maka semakin banyak juga kemampuan yang akan anda hasilkan. Untuk lebih jelasnya lagi dalam pembelajaran gitar fingerstyle, alangkah baiknya anda mengikuti tips pembelajaran di bawah ini!

Tips Belajar Gitar Fingerstyle Secara Otodidak Bagi Pemula

  1. Menyetem Senar Gitar. Untuk bisa bermain gitar dengan baik, tentunya anda harus bisa menyetem senar gitar terlebih dahulu. Jika nada senar gitar anda sudah teratur, maka akan menghasilkan suara yang jernih dan mempunyai nada yang baik pada umumnya. Sehingga anda bisa mudah berlatih bermain gitar fingerstyle secara otodidak.
  2. Belajar Kunci / Chord Gitar. Nah, ini juga sangat diperlukan, khususnya bagi pemula. Kebanyak para pemula hanya mengetahui kunci dasar gitarnya saja. Sedangkan dalam melakukan fingerstyle membutuhkan kunci gitar yang khusus, dalam artian, anda harus bisa menguasai kunci atau kord gitar dengan komplit. Sehingga anda akan mudah belajar fingerstyle dengan memainkan lagu – lagu pilihan anda sendiri.
  3. Belajar Senam Jari atau Fingering Gitar. Dalam melakukan fingerstyle, tentunya jari – jemari kita harus relflaks. Lakukan senam jari sebelum dan sesudah anda bermain gitar. Karena ini merupakan olah raga untuk jari – jemari kita, supaya mendapatkan kecepatan dan kecermatan saat memetik senar gitar.
  4. Cara Memetik Gitar Yang Benar. Ini yang paling penting, bermain gitar fingerstyle membutuhkan petikan jari yang cepat dan tepat. Jika anda sudah belajar seperti yang di urutkan dari atas, maka terkahir anda harus bisa memetik gitar dengan benar. Sedikit saja anda salah dalam pembelajaran memetik gitar, maka akan mengakibatkan kelambatan pada pembelajaran petikan gitar anda selanjutnya.
  5. Pilih Lagu dan Berlatih. Tunjuk satu lagu kesukaan anda, yang menurut anda sederhana dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran gitar fingerstyle. Jika lagu tersebut cocok dan dapat anda kuasai, saatnya berlatih dengan memetik gaya fingerstyle.
Tips Belajar Gitar Fingerstyle Secara Otodidak Bagi Pemula
Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Maka dari itu saya akan terus berbagi pembelajaran – pembelajaran berbagai alat musik, termasuk belajar gitar fingerstyle secara otodidak, khususnya bagi pemula. Anda bisa berlatih dengan melihat video – video di youtube. Cari pemain gitar fingerstyle yang berkampuan baik yang banyak digemari. Mungkin yang menguasai teknik fingerstyle dari dulu adalah “Sungha Jung”, namun sekarang di indonesia juga sudah banyak yang menguasai teknik fingerstyle ini. Jadi, selanjutnya mungkin anda yang akan terkenal dengan permainan gitar fingerstyle ini.

Baca Juga: