search-button

Belajar Bermain Bass Bagi Pemula

   
Cara bermain bass bagi pemula tentu saja tidak begitu sulit, terutama anda yang belajar gitar bass secara otodidak. Karena bagi pemula yang belajar bass secara otodidak, membutuhkan skill dan konsentrasi penuh untuk dapat memahami penghapalan dalam setiap pembelajarannya sendiri. Bagi anda, terutama pemula yang ingin mengetahui cara bermain bass yang benar dan mudah, anda bisa terus mengikuti pembelajaran yang saya terapkan, untuk itu saya akan berikan tahap demi tahap tentang pembelajaran bermain gitar bass bagi pemula.

Belajar Bermain Bass Bagi Pemula

Para pemain gitar bass pada umumnya selalu menggunakan bass yang mempunyai 4 senar, namun ada juga gitar bass yang mempunyai 5 senar. Tapi kali ini saya akan memberikan pembelajaran untuk gitar bass yang mempunyai 4 senar. Untuk cara bermain gitar bass, anda tidak perlu repot – repot mengenal tentang kunci minor, dsus 7 atau yang lainnya. Kunci gitar bass cukup di tekan dengan satu kolom dan satu senar, dengan cara mengikuti ketukan irama dari alat musik drum. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan anda lihat Kunci Dasar Gitar Bass di bawah ini.
Kunci Dasar Gitar Bass 
Gambar di atas menunjukan kunci – kunci dasar gitar yang bisa anda gunakan dalam pembelajaran gitar bass, namun bagi pemula yang belajar bass secara otodidak, alangkah baiknya berlatih menggunakan 2 senar, dengar cara: Kunci Bass F (ditekan F atas + C bawah), Kunci Bass A# (ditekan A# atas+ F bawah) dan seterusnya. Itulah salah satu contoh cara belajar kunci gitar bass bagi pemula. Setelah memahi kunci gitar dengan 2 senar, sebaiknya anda terus berlatih ke tahap berikutnya, menggunakan 3 langkah jari ataupun 4 langkah jari, tergantung kekuatan tangan anda dalam bermain. Tapi ingat, untuk menjadi pemain gitar bass yang handal, anda perlu menghapalkan letak – letak dan nama – nama kunci dasar yang terdapat di kolom gitar bass tersebut.


Semoga pembelajaran tentang “Belajar Bermain Bass Bagi Pemula” ini dapat memberikan sedikit info dan inspirasi bagi anda, terutama anda yang sedang giat berlatih untuk menjadi seorang pemain gitar bass profesional. Walaupun pembelajaran ini sangat sederhana, tapi dengan giat terus berlatih dan berlatih, anda akan mudah mencapai permainan gitar bass yang benar pada umumnya.

Baca juga: