search-button

5 Langkah Mudah Merekam Suara atau Take Vocal di FL Studio 10

   
Bagaimana cara merekam suara atau take vocal di software musik FL Studio 10? Mungkin ini yang sedang anda cari. Namun anda tidak perlu khawatir, saya akan memberikan pembelajaran yang benar dan sesuai dengan permasalahan yang ada pada software FL Studio 10, termasuk cara merekam suara vokal ini. Sebagai persiapan, sebaiknya anda terlebih dahulu harus mengatur input pada laptop maupun komputer anda. Jika anda menggunakan soundcard onboard bawaan pada laptop maupun komputer, gunakan input berwarna pink (mic). Namun jika anda menggunakan soundcard / usb external (khusus untuk recording), biasanya tertulis dengan nama analog in.

5 Langkah Mudah Merekam Suara atau Take Vocal di FL Studio 10

1. Pastikan souncard / onboard sound di laptop atau komputer berfungsi. Klik Start Program – Control Panel – Hadware and Sound – Manage Audio Device. 
Pengaturan Input Mic FL Studio (Fruity Loops)
2. Jika pengaturan di atas sudah benar, langkah selanjutnya tinggal memasukan input headset ke lubang input sound pada laptop maupun komputer (warna pink).
3. Buka program musik Fl Studio 10. Klik menu option – audio setting. Pada input / output pilih Assio4all, kemudian klik “Assio Panel”. Disana anda akan mengatur soundcard yang berada sebelah kiri assio panel. Pilih nama soundcard yang akan anda gunakan untuk merekam suara atau take vokal. 
4. Klik Menu View, lalu tekan F9 (Mixer). Klik inser 1 slot, lalu masuk ke pengaturan input mic, seperti gambar di bawah ini !
Pengaturan Input Mixer FL Studio (Fruity Loops)
Keterangan Gambar : (Pengaturan input mic pada mixer)
IN: Memilih device soundcard yang berada pada onboard sound di laptop atau komputer.
OUT: output atau hasil suara yang bisa anda dengar saat proses rekaman vokal.
EDISON: Rekomendasi dari software FL Studio sendiri, yang berguna sebagai tools untuk memulai proses rekaman.
5. Untuk memulai merekam suara atau take vokal, silahkan ke edison. Lalu pilih logo record. Namun perlu anda ketahui, sebelum anda melakukan recording, ada baiknya mengatur tempo / bpm terlebih dahulu.
Proses Recording FL Studio (Fruity Loops)
Itulah beberapa cara merekam suara atau take vocal di software musik FL Studio 10, sangat mudah untuk dilakukan bukan, hanya perlu 5 langkah tidak lebih. Dan untuk pengaturan sound vokal yang lebih bagus lagi, bisa anda cari di pengaturan vokal yang tersedia di software musik FL Stuido 10. Namun, jika anda belum mengetahui cara mengedit dan menggunakan effect vokal yang bagus, anda bisa terus memantu anakmusik.com ini sebagai informasi dan sarana pembelajaran beberapa software musik, termasuk tutorial software FL Studio 10 ini. Semoga bermanfaat dan bisa membangun pengetahuan anda di dunia musik editing.

Baca juga: