search-button

Tutorial FL Studio (Fruity Loops) Untuk Pemula

   
Saya akan berbagi pembelajaran tentang cara belajar software FL Studio (Fruity Loops) dengan mudah dan benar. Tutorial FL Studio (Fruity Loops) ini sangat berguna, terutama untuk anda pemula yang baru mengenal software musik ini, tentunya pembelajaran ini akan sangat berharga bagi anda. Sebagai pendahuluan saya akan memulai pembelajaran cara membuat sampling lagu melalui software FL Studio (Fruity Loops). Tentunya akan sangat berguna jika anda menguasai teknik – teknik dalam tutorial FL Studio (Fruity Loops), anda dengan mudahnya bisa membuat aneka ragam jenis musik di PC maupun Laptop. Selain menghemat biaya, anda juga dapat mengotak – atik setiap instrument, sesuai kebutuhan anda. Disamping itu pula, cara belajar FL Studio (Fruity Loops) sangatlah sederhana, anda hanya perlu menyimak pembelajaran di bawah ini !

Cara Belajar FL Studio (Fruity Loops) Untuk Pemula

Membuat Sampling Lagu. Untuk membuat sampling lagu terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi FL Studio (Fruity Loops) seperti gambar berikut.
Guide FL Studio (Fruity Loops)
Toolbars. Terdapat menu file yang berguna sebagai berikut. ( open, save project, import dan export file)
Menu Toolbars FL Studio (Fruity Loops)
Edit. Sedangkan untuk menu edit anda bisa melakukan edit right dan left atau randomize (Berguna mengacak not yang ada di pattern)
Menu Edit Pattern FL Studio (Fruity Loops)
Dari gambar di atas anda bisa memasukan sound sesuai konsep anda, dengan cara klik pada bagian, Kick, Clap, Hat ataupun Snare.
View. Berguna untuk memilih aplikasi yang akan anda timbulkan, seperti hal nya browser, pattern dan yang lainnya.
Options. Terdapat edit sound, latency serta buffer dan itu yang harus anda gunakan untuk menghasilkan suara yang berkualitas serta tidak skip pada saat layar memutar banyak file.
Browser. Pada bagian browser, terdapat banyak sekali chanel pilihan seperti channel presr clipboard file, sound, seffect, fpc, speech dan masih banyak lagi fungsi suara yang lainnya.
Menu Browser FL Studio (Fruity Loops)
Untuk memasukan suara ke pattern anda bisa memilih dari browser, setelah anda menemukan sound yang anda sukai, selanjutnya klik kanan pada mouse, insert new dan akan menimpa sound yang ada di pattern. Tahap selanjutnya, cara memasukan file project audio. Klik kanan di kolom pattern, insert audio dile dan pilih audio yang anda sukai. Lalu langkah selanjutnya anda harus membuat patter drum atau instrument lain dengan cara membuat piano roll. Untuk membuka piano roll silahkan klik kanan di pattern, pilih piano roll untuk membuat not nya.
Piano Roll FL Studio (Fruity Loops)

Jika anda telah memasukan dan membuat pattern drum atau instrument seperti pada gambar di atas, langkah selanjutnya anda harus memasukan effect – efffect pada pattern sesuai keinginan anda. Misalkan untuk suara drum, klik pada pattern drum maka keluar jendela baru yang bertulisan FX. Double klik mouse anda, maka akan keluar pengaturan mixer seperti gambar di bawah ini.
Channel FX FL Studio (Fruity Loops)
Untuk memasukan effect pada kolom FX mixer, anda harus benar – benar teliti dalam mengingat bagaian channel yang telah diberi effect, sehingga akan memudahkan anda untuk memasukan effect pada instrument lainnya. Di dalam FX Mixer tredapat beberapa aplikasi, seperti fruity 7 band, equalizer dan masih banyak lagi. Berikut salah satu contoh gambar aplikasi FX.
FX Mixer FL Studio (Fruity Loops)
Jika anda telah selesai dalam mengedit atau mengatur sound – sound seperti yang anda inginkan, selanjutnya anda harus melakukan finish dengan cara. Klik file, Export file dan simpan di tempat yang anda inginkan. Untuk mengexpore file, sebaiknya anda gunakan format mp3, karena mp3 adalah format yang mudah terbaca oleh berbagai aplikasi media player lainnya.
baca juga:
Itulah salah satu cara sederhana untuk belajar software musik FL Studio (Fruity Loops). Tentunya masih banyak lagi yang harus anda pelajari lebih dari ini. Untuk itu, saya akan terus memberi pembelajaran tentang software – software musik lainnya, terutama software FL Studio (Fruity Loops) ini. Karena Software FL Studio (Fruity Loops) sangat ringan digunakan dan begitu mudah untuk di pelajari.