search-button

Tips Merawat Piano Dengan Cara Mudah dan Benar

   
Jika anda mempunyai piano, maka yang harus anda lakukan adalah merawatnya dengan benar. Cara merawat piano sangatlah berbeda dibandingkan dengan alat musik lainnya. Jika anda tidak merawat piano dengan baik, maka suara piano akan mengeluarkan bunyi yang kurang baik dari bunyi yang seharusnya. Untuk itu, saya sarankan kepada anda yang mempunyai piano untuk selalu merawat dan menjaga kualitas piano dengan baik. Berikut ini adalah tips merawat piano dengan cara mudah dan benar:

10 Tips Merawat Piano Dengan Cara Mudah dan Benar

Tips Merawat Piano Dengan Cara Mudah dan Benar
  1. Stem lah piano anda secara teratur dengan minimal dua kali dalam setahun.
  2. Mintalah kepada teknisi stem piano untuk melakukan sedikit “touch-up” pada tiap kali penyeteman. Hal ini akan mencegah kerusakan akibat pemakaian piano.
  3. Cek piano anda setiap dua hingga lima tahun sekali ke teknisi perbaikan piano.
  4. Jika ada kerusakan pada piano anda, janganlah mencoba memperbaikinya sendiri. Karena, Sedikit saja kesalahan dalam perbaikan piano akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada piano anda.
  5. Pastikan posisi piano tidak bersandar pada dinding tembok ruangan anda. Jauhkan dari pemanas ruangan, radiator dan AC. Karena suhu yang berfluktuasi akan mengakibatkan kelembaban yang berubah – ubah, sehingga akan terjadi kerusakan pada piano anda.
  6. Sebaiknya anda membeli sebuah alat penjaga kelembaban yang dapat langsung dipasangkan pada piano anda. Tanyakan ke toko – toko perlengkapan accessories piano terdekat di kota anda.
  7. Jauhkan dari berbagai tanaman, vas bunga dan minuman.  Karena akan merusak mekanisme dan lapisan luar piano.
  8. Jangan menyimpan benda apapun di atas piano tanpa dialasi dengan kain lembut. Sehingga akan menjaga piano anda dari goresan yang tidak diinginkan.
  9. Bersihkan debu yang menempel pada piano dengan pembersih dari bulu, gunakan dengan lap yang lembut dan lembab. Jika anda pakai lap basah, maka gunakan kembali dengan lap kering.
  10. Lakukan juga permbersihan sampai bagian tuts piano. cara pembersihannya juga harus sama seperti pembersihan di atas (nomer 9).

Itulah beberapa tips merawat piano dengan cara mudah dan benar. Jika piano anda mengalami masalah ataupun ketidaknyamanan saat dimainkan, maka tidak ada salahnya anda mencoba dengan beberapa tips perawatan yang sudah tertera di atas. Jangan merawat piano saat mengalami kerusakannya saja, tapi lakukan perwatan secara teratur dan lakukan dengan cara tips di atas.

Baca juga: