search-button

Tips Merawat Biola Dengan Mudah dan Benar

   
Merawat alat musik biola adalah hal yang mudah dilakukan. Tapi bagaimana cara yang mudah dan benar untuk merawat alat musik ini? Dengan perawatan yang benar, kita akan mendapatkan kualitas suara biola pada umumnya. Untuk itu, tidak salahnya jika anda ingin mendapatkan kualitas biola yang terbaik, anda bisa menyimak tips merawat biola dengan mudah dan benar di bawah ini:

Tips Merawat Biola Dengan Mudah Dan Benar

  1. Sebelum anda bermain biola, yang harus anda lakukan adalah mengencangkan bagian busur (bow), dengan cara memutar pengatur ketegangan busur. Hindari agar rambut busur tidak terlalu kencang. Tongkat dengan rambut busur harus mempunyai jarak sekitar 3-4 cm.
  2. Setiap anda memegang busur biola, usahakan agar tangan anda tidak mengenai bagian rambut busur. Karena, jika keringat menempel pada bagian rambut busur, akan mengakibatkan suara senar yang tidak maksimal saat dimainkan.
  3. Lakukan perawatan rambut busur menggunakan rosin. Rosin ini berguna sebagai bahan untuk menjadikan rambut busur menjadi kesat saat memainkan biola. Lakukan perawatan dengan cara meletekan rambut busur pada rosin, lalu dengan perlahan anda gerakkan busur secara bolak – balik pada bagian rosin. Ket. Jika anda menggunakan sedikit rosin saja, maka hasil suara yang digesek oleh busur ke bagian senar, akan menghasilkan suara yang sangat kecil, bahkan tidak bersuara sama sekali. Namun jika anda memberi rosin terlalu berlebihan pada bagian busur, akan membuat senar biola menjadi berat, serak, dan mebuat rambut busur menjadi terlalu lengket saat digesekkan. 
  4. Perawatan jika telah bermain biola. Lakukan perawatan dengan membersihkan sisa rosin yang menempel pada bagian senar dan busur biola. Gunakan pembersihan dengan kain kering yang lembut dan bersih.
  5. Saat anda tidak menggunakan biola atau saat anda akan menyimpan biola pada tas, usahakan agar rambut busur biola dalam keadaan kendur.
  6. Usahakan anda mempunyai tas khusus biola, karena tas khusus biola sangat aman untuk penyimpanan saat busur dan biola tidak digunakan. Jangan menyimpan biola dan busur anda di tempat – tempat seperti di atas meja, kursi, ataupun yang lainnya.
  7. Jangan menyimpan biola dalam lokasi yang mempunyai suhu panas atau dingin yang terlalu ekstrim. Anda hanya perlu menyimpan biola pada stand yang khusus untuk biola..
  8. Jika biola anda mengalami sedikit kerusakan dalam suara maupun yang lainnya, segeralah lakukan perawatan ke tempat jasa perbaikan biola terdekat di kota anda. Karena sedikit saja melakukan kesalahan pada perawatan biola anda, maka akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal. Untuk itu pastikan anda telah mengenal 12 bagian tubuh biola yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
Tips Merawat Biola Dengan Mudah dan Benar
Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakkan pada biola anda. Pastikan anda merawat biola dengan cara teratur. Lakukan perawatan dengan cara yang tertera di atas. Semakin anda terbiasa merawat biola dengan cara teratur, maka sedikit demi sedikit anda akan lebih mengetahui tentang tips merawat biola dengan mudah dan benar. Belajarlah merawat alat musik biola anda dengan benar, karena dengan perwatan yang benar akan membuat anda nyaman saat menggunakannya.
Baca juga: