search-button

Tips Bermain Piano Dengan Cara Mudah dan Benar

   
Bermain Piano Dengan Cara Mudah dan Benar – Bagaimana cara  bermain piano dengan mudah dan benar? Mungkin dahulu saya pernah posting dengan judul cara cepat belajar piano untuk pemula, namun perlu anda garis bawahi, untuk yang sekarang ini saya akan berbagi tips bermain piano dengan cara mudah dan benar. Dalam bermain piano sangatlah dibutuhkan konsentrasi yang penuh dan untuk mendapatkan konsentrasi itu tidaklah mudah. Mungkin saja salah satunya bisa dari kesalahan saat posisi duduk ataupun kesalahan lainnya, yang mengakibatkan cara bermain piano kita tidak merasa nyaman. Untuk itu saya akan berbagi pengalaman tentang tips bermain piano dengan cara mudah dan benar.
Tips Bermain Piano Dengan Cara Mudah dan Benar

Tips Bermain Piano Dengan Cara Mudah dan Benar

Apakah Posisi Tangan sangat berpengaruh pada permainan piano?
Tentu saja posisi tangan sangat berpengaruh dalam bermain piano.
Pastikan posisi tangan anda tidak merasa kaku dan bisa merasakan kenyamanan saat memainkan tuts piano. Untuk lebih jelasnya, saya akan menerangkan poisi tangan yang benar saat bermain piano di bawah ini :

  1. Pastikan posisi tangan anda berada di atas tuts piano.
  2. Cobalah menekan beberapa tuts piano "seperti anda sedang mengetik di papan keyboard computer". Tetapi dengan jalur kunci nada piano.
  3. Jika yang ke 2 sudah merasa nyaman, berarti posisi tangan anda sudah benar. Namun pastikan agar tangan anda tidak mengenai ke bagian badan piano, karena akan mengakibatkan lambat dan sedikit terganggu dalam pergerakan tangan anda.

Bagaimana Posisi Duduk yang benar saat bermain piano?
Mungkin anda tidak akan menyangka, bahwa sebenarnya posisi duduk dalam bermain piano itu sangatlah berpengaruh. Terutama anda seorang pemain piano pemula, jangan sampai anda salah dalam mengambil posisi duduk. Selain dapat mengganggu permainan anda, posisi duduk yang salah juga bisa mengakibatkan cedera pada bagian punggung anda. Untuk posisi duduk yang benar adalah menggunakan kursi yang sesuai dengan tinggi postur tubuh anda, atau memakai kursi yang bisa mengatur tinggi - rendahnya tempat duduk anda. Cari posisi senyaman mungkin, agar posisi duduk anda tidak merasa kaku dan duduklah dengan tegak.

Untuk menekan bagian tuts piano, gunakanlah bagian ujung jari jemari – anda. Jika anda sudah merasa nyaman, maka anda akan mudah untuk memulai bermain, tetapi sesuai dengan keterangan di atas. Itulah tips bermain piano dengan cara mudah dan benar yang telah saya praktekkan dan selalu saya gunakan dalam bermain piano.

Baca juga: