search-button

Tips Belajar Vokal Untuk Pemula

   
Ini adalah alasan saya membuat “Tips Belajar Vokal Untuk Pemula.” Untuk belajar menyanyikan lagu, anda harus mempunyai teknik vokal yang sangat bagus dan mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan belajar vokal secara teratur, maka akan menghasilkan karakter suara yang anda inginkan. Mungkin anda seorang vokalis yang mengidolakan berbagai artis vokal solo lainnya, sehingga anda terus – menerus meniru karakter suara vokal artis idola anda. Sebenarnya itu hal yang tidak baik untuk dilakukan, seharusnya anda selalu bernyanyi dengan karakter suara anda sendiri.

Untuk menjadi seorang vokalis, harusnya anda lebih bersemangat lagi dalam berlatih. Apalagi masalah kesehatan, karena seorang vokalis haruslah benar – benar dalam kondisi yang fit dan prima. Perbedaan suara vokal dalam kondisi yang kurang sehat akan terlihat dari karakter suara yang keluar, suara vokal menjadi kurang sempurna saat pernafasan yang tidak teratur dalam kondisi sakit. Menjadi seorang vokalis adalah tanggung jawab besar, apalagi dalam sebuaah group band. Tanpa kehadiran anda (vokalis) saat berlatih, band itu seakan mati, karena vokal adalah icon yang sangat penting di bagian group band anda. Dengan membaca “Tips Belajar Vokal Untuk Pemula.” Anda bisa belajar vokal dengan baik dan benar.

Tips Belajar Vokal Untuk Pemula

  1. “Tips 1 – Teknik Pernafasan Yang Benar.” Teknik pernafasan yang benar adalah bernafas secara mendalam sampai anda merasakan paru – paru berfungsi, lihat perut anda membesar. Tahan nafas anda dan keluarkan nafas secara perlahan, seolah – olah anda sedang bernyanyi.
  2. “Tips 2 – Menjaga Tali Suara” Tidak perlu terburu – buru untuk bernyanyi nada tinggi, usahakan anda bernyanyi sesuai dengan kemampuan tali suara anda. Jika anda terus memaksakan bernyanyi, akibatnya tali suara anda akan rusak dan harus beristirahat dalam waktu yang cukup lama.
  3. “Tips 3 – Postur Mulut & Muka.” Berdirilah di depan cermin dengan posisi badan yang tegak, buka mulut dan lihat muka anda. Bernyanyilah depan cermin dalam keadaan rileks dan percaya diri. Ini adalah salah satu tips melatih kepercayaan diri anda.
  4. “Tips 4 – Latihan Vokal.” Setiap anda memulai untuk bernyani, usahakan pemanasan mengeliat leher dan pinggang anda. Sedikit menyanyikan lagu yang bernada rendah, sedang dan tinggi atau bisa juga dengan skala nada A - E - I - O - U. Dengan begitu anda akan merasa rileks dan tidak kaku saat bernyanyi yang sesungguhnya.
  5. “Tips 5 – Bernyanyi Secara Natural.” Kita semua mempunyai karakter suara yang berbeda – beda, termasuk khas nya masing – masing. Jangan bernyanyi menirukan vokalis idola anda, bernyanyilah sesuai karakter vokal anda. Karena dengan bernyanyi secara natural akan memudahkan khas tersendiri. Belajar mengekspresikan lagu dalam lirik – lirik yang mempunyai emosi atau kesedihan.
  6. “Tips 6 – Menjaga Pola Makan dan Minum.” Sudah saya uraikan di atas, bahwa kesehatan itu sangat penting, terutama bagi vokalis. Usahakan agar anda (Vokalis) tidak memakan makanan yang mengandung banyak minyak serta usahakan agar banyak mengkonsumsi air mineral puith.
  7. “Tips 7 – Bernyanyi Dengan Emosi.” Bernyanyilah mengikuti alunan musik dan lirik lagu. Jika dalam lirik tersebut mengkonsep tentang kemarahan, maka anda juga harus bisa menyanyikannya dengan penuh jiwa kemarahan, begitu juga sebaliknya. Mungkin tergantung konsep dari lagu, yang pada intinya anda harus bisa menjiwai isi lirik dari lagu tersebut.
  8. “Tips 8 – Bernyanyi Dengan Penuh Tenaga.” Usahakan dalam bernyanyi dengan penuh tenaga, agar anda bisa mencapai nada yang anda inginkan. Lagu bertempo sedang juga mempunyai teknik dengan penuh tenaga, jangan pernah anda mengira lagu – lagu yang bertempo rendah itu mudah. Sebenarnya itu sama saja, karena bernyanyi membutuhkan nada yang sangat maksimal.
  9. “Tips 9 – Menikmati Lagu & Bersikap Positif.” Dalam bernyanyi, anda harus bisa menikmati lagu yang sedang dinyanyikan, bersikap seperti anda sedang menyampaikan sesuatu dalam hati anda “Ini yang sedang saya lakukan”. Percaya diri dan bersikap positif, bahwa anda sedang melakukan hal yang terbaik.
  10. “Tips 10 – Rekam Lagu Anda.” Rekamlah lagu yang anda nyanyikan! Ini berguna untuk melihat kemajuan suara vokal anda. Terkadang ada beberapa kata yang salah atau jelek cara pengucapannya, dengan itu anda bisa terus berlatih untuk memperbaikinya.
  11. “Tips 11 – Berlatih Konsisten.” Usahakan berlatih vokal dengan mengatur waktu anda. Buatlah jadwal satu jam setiap hari atau dua hari, tergantung keperluan anda. Semakin anda sering berlatih, semakin cepat pula anda mendapatkan suara vokal khas yang maksimal. Berlatih dengan lagu yang mempunyai nada – nada rendah, sedang dan tinggi, sampai anda bisa menguasainya.
  12. “Tips 12 – Komitmen.” Setiap keinginan itu harus mempunyai komitmen, begitu juga dengan anda yang ingin menjadi seorang vokalis profesional. Walaupun anda penyanyi pemula, tapi harus tetap punya keyakinan dan terus percaya diri dalam melatih suara vokal anda.
  13. “Tips 13 – Mencari Guru Vokal.” Carilah guru vokal supaya bisa mencermati kemajuan anda. Dengan guru vokal yang bagus, makan anda akan mendapatkan masukan saran yang lebih baik lagi. Dengan begitu anda akan lebih percaya diri dan tidak ragu lagi dalam bernyani.
  14. “Tips 14 – Action.” Mulailah dari sekarang, kalau menunggu tua belum tentu anda bisa bernyanyi. Saya yakin anda pasti akan menjadi vokalis dan penyanyi solo terbaik sepanjang masa.
Tips Belajar Vokal Untuk Pemula
Itulah yang harus anda lakukan dari “Tips Belajar Vokal Untuk Pemula”. Sebenarnya tips belajar vokal untuk pemula ini sangatlah mudah dilakukan. Hanya mungkin waktu dan keadaan yang membuat anda bermalas – malasan, sehingga akan menjauhkan anda untuk menjadi seorang vokalis. Banyak orang yang menginginkan posisi menjadi vokalis, disamping menyenangkan, menjadi vokalis juga kebanggan bagi diri sendiri, karena dengan profesi menjadi vokalis, kita bisa mengutarakan kata – kata menjadi lagu yang indah untuk di nyanyikan. Jika memang anda mempunyai cita – cita atau hobi jadi penyanyi, kenapa tidak dari sekarang? !!!

Baca juga: