search-button

3 Perbedaan Biola Dan Viola

   
Perbedaan Biola Dan Viola – jika dilihat sepintas alat musik biola atau disebut juga dengan violin memang hampir sama dengan viola, bahkan kebanyakan orang salah sangka mengenai kedua alat musik tersebut. Padahal sebenarnya alat musik viola dengan biola itu benar – benar sangatlah berbeda. Mau tahu perbedaannya?

Untuk itu pengetahuan ini sangatlah penting sekali, terutama untuk anda seorang pemain musik pemula yang ingin belajar alat musik biola. Jangan sampai anda salah membeli alat musik biola menjadi viola, ataupun sebaliknya. Alat musik viola sering disebut juga dengan alat musik biola alto, yang berarti biola yang memiliki suara yang berat / rendah. Lalu bagimana kita mengetahui perbedaan kedua alat musik tersebut?

3 Perbedaan Dasar Alat Musik Biola Dan Viola

  1. Biola (Violin) memiliki segi ukuran yang lebih kecil daripada Viola (Biola Alto)
  2. Kedua alat musik tersebut mempunyai senar yang sama, yaitu empat senar. Namun, alat musik biola memiliki nada senar yang lebih tinggi dibandingkan alat musik viola. Untuk nada senar pada alat musik biola dimulai dari nada terendah, yaitu: G – D – A – E, dan untuk alat musik viola dimulai dari nada rendah: C – G – D – A. Itulah sebabnya, nada suara alat musik viola lebih berat dibandingkan dengan alat musik biola.
  3. Pemain alat musik biola akan memulai bermain di kunci G atau treble clef. Treble clef memang sangat umum untuk dipakai dalam memainkan alat musik lainnya.Sedangkan untuk memainkan alat musik viola tidak menggunakan kunci treble clef atau kunci nada G, dan alat musik viola hanya menggunakan kunci Alto clef atau biasa disebut juga dengan kunci nada C.
3 Perbedaan Biola Dan Viola
Bagaimana? Apakah anda sudah paham? Itulah 3 3 Perbedaan Biola Dan Viola yang mempunyai jenis dan kemiripan hampir sama. Walaupun kedua alat musik tersebut memiliki jenis dan kemiripan yang hampir sama, tapi cara memainkan dan suara yang dihasilkan dari kedua alat musik tersebut sangatlah berbeda. Jadi untuk anda yang telah membaca penjelasan di atas, jangan sampai menilai kedua alat musik tersebut sama, dalam bentuk maupun karakterisnya.

Baca juga: